Berita

Imigrasi Kelas II Cirebon Kukuhkan Tim Pora Wilayah III Cirebon


Kab Cirebon (89,2 CR) ““ Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon membentuk tim pengawasan orang asing (Tim Pora) yang terdiri dari elemen masyarakat, Muspika tingkat Kecamatan, TNI dan Polri. Tim Pora akan bertugas memberikan informasi keberadaan orang asing di sekitar masyarakat, yang mencurigakan atau bertidak melanggar aturan.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat Indro Purwoko mengatakan, Imigrasi mengukuhkan 134 Tim Pora terdiri dari unsur Kecamatan, Danramil dan Polsek. Pengawasan terhadap orang asing ini penting dilakukan agar mereka tidak melakukan perbuatan melanggar hukum dan melanggar aturan yang ada. 

“- Kami memang di minta oleh pemerintah membuat jaringan sampai ketingkat Kecamatan untuk mengawasi orang asing yang ada di Jawa Barat. Tadi kami sudah lantik Tim Pora di Wilayah III Cirebon, “- ungkapnya kepada awak media, Kamis (22/2/18).

Masih kata Indro Purwoko, Jawa Barat dalam waktu dekat akan kebanjiran orang asing, karena Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dalam waktu dekat akan segera beroperasi. Apalagi pemerintah telah memberikan bebas visa di 169 Negara, otomatis orang asing akan berbondong-bondong ke Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Keberadaan orang asing di Indonesia berdampak positif bagi sektor perekonomian, pariwisata dan lainnya, namun keberadaan orang asing di khawatirkan akan merusak budaya, kedaulatan dan sebagainya. Oleh karena itu Tim Pora ini akan melaporkan keberadaan orang asing di sekitarnya sekaligus memantau gerak gerik mereka. 

“- Jawa Barat dalam waktu dekat ada Bandara Internasional baru. Imigrasi Cirebon harus waspada, jangan sampai mereka datang kemudian mereka mngedarkan Narkoba atau anggota ISIS. Maka disini Tim Pora melakukan tugas pemantauan dan melaporkan kepada Imigrasi, “- tegasnya. 

Sementara itu Kepala Imigrasi Kelas II Cirebon Muhammad Tito Andrianto menerangkan, kurun waktu tahun 2016 sampai tahun 2018, terdapat 400 orang asing yang datang ke Wilayah III Cirebon. Mereka berasal dari negara ASEAN dan berprofesi sebagai pegawai pabrik.

Dibentuknya Tim Pora ini untuk membantu Imigrasi dalam mengawasi orang asing di wilayah 3 Cirebon. Tim Pora akan menyampaikan keberadaan orang asing, kemudian Imigrasi akan menindaklanjuti dan melakukan pemeriksaan dokumen. Jika bersalah maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan.

Sumber : CirebonMedia

loading…




To Top
TERHANGAT