Berita

TVS Akan Sematkan Park Assist System Pada Motor Lansirannya


‘“ Sebuah kabar yang menarik hadir dari pabrikan motor asal India, TVS. Walaupun di Indonesia merk TVS masih jauh kalah bersaing dengan pabrikan asal Jepang, namun bukan berarti mereka tak bisa berinovasi dalam hal teknologi. Nah, sebuah kabar dari TVS India muncul, dimana mereka digosipkan akan memasang sebuah fitur yang tak lazim ada di sebuah motor.

Yap, seperti yang bisa kalian baca di judul artikel, sebuah fitur Park Assist System akan dipasangkan oleh pihak TVS pada motor ‘“ motor lansirannya. Hal ini merupakan sebuah hal yang unik, karena sejatinya sebuah motor tak akan susah diparkir, setidaknya tak akan sesusah mobil. Mengutip dari situs BikeWale, fitur Park Assist System ini sendiri akan dipasangkan oleh TVS sebagai fitur standar pada motor listrik barunya. Nah, lalu bagaimana dengan sistem kerja Park Assist System versi motor ini? Apakah bisa memutar ‘“ mutar setir seperti yang dilakukan di mobil ‘“ mobil yang memiliki sistem serupa? Nampaknya tidak.

Masih dari sumber yang sama, sistem ini sendiri akan memberikan bantuan berupa gerakan maju mundur untuk memarkirkan motor. Sistem juga akan mengambil informasi ‘“ informasi pendukung seperti kecepatan, bukaan gas, dan juga tingkat pengereman, lalu menawarkan gerakan parkir yang memadai dan memungkinkan. Nah, untuk gerakan maju, sistem akan membyka gas dengan kecepatan di bawah 6 km/jam. Sedangkan untuk gerakan mundur, sistem menunggu kecepatan berada di angka 0 km/jam, lalu melepas rem dan sistem akan memundurkan kendaraan dengan kecepatan 3 hingga 4 km/jam.

Sistem ini sendiri akan memiliki beberapa indikator, dimana saat sistem ini dinyalakan, maka lampu hazard akan langsung menyala, dan di panel instrumen akan tertera Park Assist On. Menarik? Tentunya, walaupun secara aplikasi nampaknya masih susah untuk dibayangkan. Nah, produk dari TVS yang beruntung mendapatkan sistem ini sendiri diperkirakan adalah TVS Creon, yang merupakan skuter listrik konsep yang muncul di Auto Expo India 2018 silam. Sebenarnya sistem seperti ini sendiri nampaknya pas bagi mereka yang memang masih baru dalam hal mengendarai motor. Oiya, di Indonesia, sistem seperti ini sudah hal biasa apalagi di tempat ‘“ tempat parkir. Tinggal panggil pihak terkait, dan berikan Rupiah sebesar 2000 hingga 3000 perak, maka motor akan terparkir dengan sendirinya. Bercanda ya.

Kehadiran sistem semacam Park Assist System ini di sebuah motor sendiri menunjukkan bahwa perkembangan teknologi tak ada batasnya, dan makin hari makin aneh, namun bisa saja menjadi hal yang tak aneh di masa depan. Kalau menurut kalian bagaimana?

Sumber Gambar : ZigWheels

Read Prev:

sumber : autonetmagz



To Top
TERHANGAT
close