Tips

Cuma Perlu 15 Menit Untuk Membuat CV Kamu Jadi Tambah Keren Dengan 6 Trik Sederhana Ini


CV alias curriculum vitae, adalah dokumen yang mewakilkan dirimu saat melamar kerja. Untuk itu CV harus dibuat semenarik mungkin, agar perusahaan yang kamu tuju dapat tertarik dengan kualitas diri yang kamu tawarkan. Jangan sampai kualitas diri yang bagus, justru gak tersampaikan karena gak tergambarkan melalui CV.

Mengedit CV memang gak mudah bagi sebagian orang, pada beberapa bagian diperlukan trik agar CV menjadi dokumen yang efektif dan benar-benar mewakilkan dirimu. Kamu bisa mengeditnya dengan beberapa cara berikut ini:

1. Tentukan Warna dengan Tepat

via huffingtonpost.com

Menambahkan warna dan desain, adalah cara yang bagus untuk membuat CV-mu bisa mengundang perhatian. Tapi pastikan juga itu semua tidak terlihat berlebihan, alih-alih menambahkan warna-warni pada semua bagian, coba warnai saja informasi yang umumnya penting seperti nama atau prestasi kamu selama ini.

Tidak ada salahnya juga desain disesuaikan dengan perusahaan sasaranmu. Kamu bisa mempertimbangkan perbedaan desain pada CV yang diajukan untuk perusahaan industri kreatif dan CV yang diajukan untuk instansi pemerintah. Karena keduanya cenderung punya atmosfer kerja yang berbeda.

2. Pertimbangkan untuk Memasukkan Foto yang Bagus

via themotivatedmillenial.com

Seringkali luput dari perhatian, kita kerap menganggap foto pada CV hanya sebagai aspek tambahan. Padahal itu cukup berpengaruh juga lho, girls. Dilansir dari brit.co, seorang career coach bernama Marina Vorobyev, mengatakan bahwa foto dapat ‘˜menghubungkanmu’ dengan perekrut pada tingkat psikologis.

Maka dari itu cobalah memasukkan foto yang dipersiapkan, bukan hanya sekadar diganti warna background-nya saja. Cobalah berpakaian rapi dan makeup bagus yang mewakilkan karaktermu. Karena foto yang benar-benar dipersiapkan hasilnya akan berbeda dengan foto yang asal.

3. Pilih Font yang Sederhana tapi Tidak Mainstream

via www.nar.realtor

Mengubah font menjadi seperti Century Gothic atau Garamond dapat langsung memberikan tampilan baru pada CV-mu, loh. Tapi tentunya sangat penting untuk memilih font bisa dibaca dengan mudah. Untuk mencarinya, kamu bisa mengunduh melalui situs penyedia font gratis di internet. CV-mu tidak akan terlihat seperti milik orang lain, dan akan memiliki nuansa modern yang fresh!

4. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

via byuiscroll.org

Saat membuka lowongan kerja, CV yang masuk ke dalam perusahaan sasaranmu mungkin banyak sekali. Perekrut biasanya hanya punya waktu sedikit untuk mendapatkan pelamar yang sesuai. Oleh karenanya coba gunakan kata kunci yang relevan sesuai bidang pekerjaan yang kamu tuju. Sehingga saat dicari menggunakan fitur komputer, CV-mu jadi bisa mewakilkan pekerjaan yang dilamar.

5. Ubah Kata yang Lemah menjadi Kata yang Kuat

via eol.com

Mengubah kata-kata yang sudah umum menjadi kata yang lebih terkesan kuat, akan membuat CV-mu lebih menonjol di antara tumpukan CV lainnya. Ibaratnya, CV adalah surat penawaran produk dan kamu adalah produknya. Untuk itu kamu harus menuliskan kualitas yang menggiurkan.

Karena mungkin saja ada dua pelamar memiliki kualitas yang sama, tetapi yang dipilih adalah yang bisa memberi kesan lebih kuat. Misalnya saja kamu bisa mengubah kata ‘˜Mampu mengerjakan laporan keuangan’ menjadi ‘˜Mahir menyajikan laporan keuangan’. Sederhana, tapi memberikan kesan yang berbeda.

6. Pangkas Hal-hal yang Tidak Relevan

via Pexels/Rawpixel

Hilangkan hobi, keterampilan, pengalaman, bila sangat berbeda dengan bidang yang ingin kamu tuju. Terlebih bila CV yang kamu lampirkan sudah panjang dan padat dengan hal-hal yang lebih relevan. Jangan sampai perekrut salah fokus saat membaca CV kamu dan akhirnya malah tidak tertarik.

Dengan beberapa trik di atas, CV-mu pun jadi gak terlihat monoton dan bisa menawarkan sesuatu yang beda. Selamat mencoba dan good luck, girls!

What’s your reaction?

Nurmarliana

She walks to find out something new. Catch her on instagram @liannurma

sumber : rimma.co



To Top
TERHANGAT
close