Tips

Walau Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai


Kabar baik untuk para pencinta makanan pedas, ternyata cabai banyak manfaatnya! (Pixabay/dfespi)

Pencinta pedas, jangan dulu khawatir kebiasaan makan makanan pedas akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda, karena nyatanya cabai juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Bahkan dikatakan cabai memiliki kemampuan untuk mengobati gejala flu serta kandungan antioksidannya juga dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard dan China National Center For Disease Control and Prevention, makan makanan pedas tujuh hari dalam seminggu atau dengan kata lain sehari sekali, dapat mengurangi tingkat kematian hingga 14 persen.

Mari kita tilik apa saja manfaat dari cabai yang bisa Anda peroleh:

Meredakan sakit kepala

Tahukah Anda, mengonsumsi cabai dapat membantu Anda terbebas dari sakit kepala? Cabai mengandung kapsaisin yang dapat secara efektif meredam atau menghentikan sakit kepala, migrain, serta sakit kepala akibat sinus.

Mencegah kanker

Kapsaisin merupakan komponen aktif yang tersedia dalam cabai dan telah terbukti dapat menghancurkan sel-sel kanker. Menurut American Association For Cancer Research, cabai memiliki ciri khas panas yang dapat mematikan sel kanker terutama leukemia.

Kesehatan jantung

Kapsaisin juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang berguna untuk membantu melindungi jantung. Tak hanya itu, kapsaisin juga dapat mengurangi peradangan kronis yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Seseorang yang sering mengonsumsi makanan pedas memiliki risiko terkena serangan jantung dan stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi cabai.

Meningkatkan mood

Tak hanya kesehatan tubuh, cabai juga sangat baik untuk kesehatan mental Anda. Ketika Anda makan makanan pedas, hal ini secara tak langsung akan menumbuhkan perasaan bahagia pada diri Anda dan juga mencegah Anda dari perubahan mood dan gangguan mood lainnya.

Menurunkan berat badan

Cabai dapat mendorong proses metabolisme dan membakar lemak dengan mudah. Hal ini karena kandungan kapsaisin yang membuat cabai terasa sangat pedas sehingga dapat membakar kalori dan mempercepat metabolisme Anda. Jadi, mulai konsumsi makan-makanan pedas ya untuk membantu Anda menghilangkan lemak yang tidak diinginkan!

sumber : 1health



To Top
TERHANGAT