All for Joomla All for Webmasters
Berita

Paten Suzuki GSX-R300 Bocor, Bisa Jadi GSX-R250 di Indonesia



AutonetMagz – Kalau kita bicara mengenai motor 250cc di Indonesia, maka satu merk asal Jepang yang selalu kita kesampingkan adalah merk Suzuki. Hal ini seolah wajar, karena memang pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua tak menjual motor dengan kapasitas tersebut. Sempat ada sih, namun tak berjaya.

Yap, kalian tahu bahwa di masa lalu pihak Suzuki sempat membawa Suzuki Inazuma alias Suzuki GW 250 yang bahkan menjadi unit dari salah satu tayangan anak – anak, Bima Satria Garuda. Namun, sayangnya kesuksesan dari tayangan tersebut tak diikuti oleh Suzuki Inazuma. Perlahan namun pasti Suzuki Inazuma tereliminasi dari jajaran motor 250cc di Indonesia. Apakah ini artinya pihak SIS tak berminat dengan pasar motor 250cc? Tunggu dulu, belum tentu mereka tak minat. Mengapa? Mudah, karena motor 250cc punya pangsa pasar yang lumayan tinggi, dan hal ini terlihat dengan langkah Honda dan Yamaha yang mengikuti jejak dari Kawasaki. Kendala pihak Suzuki pun langsung terlihat, yaitu tak adanya lini produk Suzuki dengan kubikasi 250cc yang cukup bertenaga.

Memang ada Suzuki GSX-250R yang menggunakan basis dari Suzuki Inazuma, namun karena itu pulalah pihak SIS tak berminat pada motor ini. Setidaknya hingga saat ini, dimana muncul sebuah paten dari sebuah motor yang diperkirakan adalah sosok Suzuki GSX-R300. Lho, Kok 300cc? Tenang, motor – motor berkubikasi 250cc yang dijual di Indonesia sendiri juga adalah versi bore down dari varian bermesin 300cc di luar negeri. Jadi, jika paten motor ini benar adalah Suzuki GSX-R300, maka ada peluang motor ini juga bisa menjadi Suzuki GSX-R250 di Indonesia kelak. Nah, ada beberapa detail yang terlihat dari paten ini. Pertama, adanya suspensi USD di sisi depan, kedua, penggunaan suspensi tunggal di sisi belakang, dan ketiga, mesin parallel twin dengan sasis tubular digunakan di motor ini.

Mesin yang digunakan ini sendiri nampaknya merupakan pengembangan dari mesin GSX-R150 yang kita kenal punya ledakan tenaga yang besar di kelasnya. Perkiraan tenaga dari motor ini sendiri ada di kisara 40 hp, yang membuat saudaranya yaitu Suzuki GSX-250R dengan tenaga 24 hp akan langsung terasa cupu. Suzuki GSX-R300 sendiri diperkirakan hadir di gelaran EICMA 2018 pada penghujung tahun ini, dan baru akan diproduksi dan dipasarkan pada awal tahun 2019 mendatang. Dengan melihat rekam jejak dari Suzuki GSX-R150, maka bisa jadi motor ini akan memiliki ledakan tenaga yang besar dengan putaran mesin pada rpm yang tinggi. Nah, pertanyaannya, akankah pihak SIS membawa motor ini ketika nanti diluncurkan secara global? Hanya mereka yang bisa menjawab.

Kalau menurut kalian, apakah pihak SIS layak untuk membawa motor ini dan bersaing di kelas 250 cc di Indonesia? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah.

Sumber : Bennetts

sumber : autonetmagz


To Top