Berita

Mengenal Karakter Trump dan Kim Jong Un dari Tanda Tangan


Internasional – Di seluruh dunia tanda tangan diakui sebagai bagian dari identitas diri yang valid untuk melakukan verifikasi dokumen. Ada fakta menarik yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Dari kacamata ilmu Grafologi, tandatangan merupakan proyeksi diri seseorang di hadapan publik.

Jika melihat tanda tangan pemimpin dua negara yang baru bertemu di Singapura yakni Kim Jong Un dan Donald Trump, bagaimana karakter mereka sesungguhnya?

Setiap goresan manusia baik tulisan tangan, coret-coreatan ( ¬doodle ) maupun tandatangan adalah gestur grafik yang mencerminkan karakter dan perilaku yang bersangkutan. Tanda tangan adalah gestur grafik seseorang yang dibuat untuk orang lain.

Mengenal Karakter Trump dan Kim Jong Un dari Tanda Tangan
Kim dan Trump bertemu di Singapura (AFP)

Sehingga wajar jika banyak orang ‘berlatih’ untuk membuat tandatangan agar terlihat menarik di mata orang lain. Intepretasi gesture grafik tandatangan memberi kita informasi mengenai bagaimana seseorang ingin dipersepsikan oleh orang lain.

Handwriting Analyst dan Founder ISOG (Indonesian School of Graphology), Deborah Dewi, membaca tanda tangan keduanya lewat keputusan-keputusan yang disepakati melalui pertemuan di Singapura. Menurut Deborah, jika mengamati sepak terjang kedua pemimpin Negara Donald Trump dan Kim Jong Un melalui keputusan-keputusan yang dibuat oleh keduanya, mayoritas publik mungkin memiliki satu persepsi yang sama yaitu agresif.

“Menariknya, gesture grafik tandatangan dari kedua pemimpin yang terkenal agresif tersebut justru bertolak belakang,” tegasnya kepada Internasional , Kamis (14/6).

Deborah menambahkan intepretasi gestur grafik keduanya pun berbeda. Berdasarkan semua indikator grafis yang ada, inilah bagaimana sosok keduanya ingin dipersepsikan oleh publik.

Donald trump

Ingin dilihat sebagai sosok pemimpin yang tegas, stabil, bisa diandalkan (reliable), visioner dan tidak emosional.

Kim Jong Ung

Ingin dilihat sebagai sosok pemimpin yang diplomatik, optimis, realistis dalam mengambil tindakan dan empatik

Persamaannya

“Sangat jauh berbeda bukan bagaimana harapan keduanya ingin dipersepsikan oleh publik?,” tegas Deborah.

Namun di balik perbedaan tersebut ada 1 kesamaan yaitu tandatangan keduanya tidak mencerminkan nama jelas mereka. Tentu dalam Ilmu Grafologi hal ini pun memiliki makna tersendiri yaitu membutuhkan privasi dan batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dan ekspos publik.

Gestur grafik tandatangan bisa dikatakan mencerminkan karakter asli penulisnya. Hanya jika pola indikator grafis yang ditemukan memiliki kesamaan persis dengan gesture grafik tulisan tangan yang bersangkutan.

(ika/JPC)

sumber : jawapos



To Top
TERHANGAT