Teknologi

Harga Xiaomi Mi 8 Pro Terbaru 2018, Kelebihan & Kekurangan


Advertisement

Harga Xiaomi Mi 8 Pro ‘“ Teknologi canggih, desain keren, dan harga lebih terjangkau dari smartphone flagship sekelasnya menjadi kelebihan utama Xiaomi Mi 8 Pro. Smartphone ini memiliki spesifikasi dan fitur sama persis dengan Xiaomi Mi 8 Explorer yang terlebih dahulu dirilis pada bulan Juli bersamaan dengan Mi 8 SE. Bisa dikatakan Mi 8 Pro adalah versi global dari Mi 8 Explorer, jadi tak menutup kemungkinan smartphone ini akan dipasarkan di Indonesia.

Fansbase Xiaomi di Indonesia sangat besar, namun tidak diimbangi dengan hadirnya smartphone flagship Xiaomi secara resmi di Indonesia. Alhasil banyak orang yang harus membeli barang distrubutor atau mengimport dari luar negeri untuk mendapatkan smartphone Xiaomi terbaik. Semoga hal yang sama tidak terjadi pada Mi 8 Pro, sehingga kita bisa mendapatkannya dengan garansi resmi. Nah sebelum membelinya, silahkan simak review di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 8 Pro

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 8 Pro

Spesifikasi Xiaomi Pocophone F1

Bodi 154.9 x 74.8 x 7.6 mm
Layar Super Amoled, 6.21 Inches, 1080 x 2248 pixels (~402 ppi density)
Jaringan Hybrid Dual SIM 4G LTE
Sistem Operasi Android 8.1 (Oreo)
Chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
Processor Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 385 Silver)
Ram 6 GB / 8 GB RAM
Memori 128 GB
Kamera Belakang 12 Megapixel + 12 Megapixel
Kamera Depan 20 Megapixel
Sensor Underdisplay Fingerprint Sensor, Infrared face recognition, fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
Baterai Non-removable Li-Po 3000 mAh
Lihat Spesifikasi Selengkapnya’¦

Desain dan Layar

Desain Xiaomi Mi8 Pro

Desain Xiaomi Mi8 Pro

Soal teknologi tak perlu dipertanyakan lagi. Xiaomi Mi 8 Pro membawa teknologi terbaik yang dimiliki Xiaomi. Desainnya juga keren dengan dibalut frame metal dan lapisan kaca yang melindungi sisi depan serta belakang. Sedangkan untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 154.9 mm, lebar 74.8 mm, dan ketebalan 7.6 mm. Sedangkan untuk bobotnya seberat 177 gram, sehingga tetap nyaman dioperasikan.

Pada bagian depan terlihat adanya Notch berukuran besar layaknya milik iPhone XS. Notch tersebut digunakan untuk menaruh kamera depan sensor infrared face recognition yang ditugaskan untuk menjaga sistem keamanan Xiaomi Mi 8 Pro. Tak hanya itu, Xiaomi juga melengkapi Mi 8 Pro dengan sensor pemindai sidik jari yang berada didalam layar atau sering disebut sebagai Underdisplay Fingerprint Sensor.

Sistem keamanan Xiaomi Mi 8 Pro menjadi yang terdepan dan bisa menglahkan smartphone flagship sekelas Samsung Galaxy S9 Plus maupun iPhone XS Max yang belum dilengkapi teknologi Underdisplay Fingerprint Sensor. Kemudian untuk bagian layar memiliki ukuran 6.21 inci dan memakai panel Super Amoled Display yang mendukung HDR10, DCI-P3, dan memiliki resolusi sebesar 1080 x 2248 pixels.

Spesifikasi Hardware

Performa Xiaomi Mi8 Pro

Performa Xiaomi Mi8 Pro

Layar Xiaomi Mi 8 Pro sangat tajam, karena kerapatannya mencapai 402 ppi. Xiaomi melindunginya dengan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang dijamin kuat dalam menahan benturan atau goresan. Selanjutnya untuk bagian dapur pacu ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang didalamnya tertanam processor dengan konfigurasi Quad Core 2.8 Ghz Kryo 385 Gold dan Quad Core 1.8 Ghz Kryo 385 Silver.

Spesifikasinya semakin sempurna dengan hadirnya GPU Adreno 630 yang menjadikan Mi8 Pro semakin powerfull saat dipakai menjalankan beragam game terbaru. Kemampuan multitasking juga sangat lancar dan tak ada kata lag ketika menjalankan banyak aplikasi. Kemampuan ini tidak lepas dari Ram berkapasitas besar yang tertanam didalam Mi 8 Pro. Dimana untuk kapasitas Ramnya adalah sebesar 6GB dan 8GB.

Tersedia dua tipe Xiaomi Mi 8 Pro. Untuk yang termurah memakai Ram 6GB dan yang termahal Ram 8GB. Keduanya sama-sama tidak memiliki slot memori eksternal, dan digantikan oleh memori internal sebesar 128GB. Lalu ada pula sistem operasi Android Oreo 8.1 yang dibalut antarmuka MIUI dan dibekali beragam fitur yang akan memanjakan pengguna Mi 8 Pro.

Kemampuan Fotografi

Kamera Xiaomi Mi 8 Pro

Kamera Xiaomi Mi 8 Pro

Berlanjut ke sektor fotografi, Xiaomi Mi 8 Pro memiliki dua kamera belakang. Kamera pertamanya beresolusi 12 Megapixel dengan aperture f/1.8 dan sensor berukuran 1/2.55’³, 1.4µm. Lalu aa pula fitur Dual Pixel Phase Detection Autofocus dan teknologi AI yang menjadikan kualitas kamera semakin tajam dan berkualitas. Kemudian untuk kamera yang kedua memakai lensa telephoto dengan resolusi 12 Megapixel dan aperture f/2.4.

Kedua kamera belakang Xiaomi Mi 8 Pro berpadu untuk menghasilkan foto berkualitas dan video hingga resolusi [email protected] yang distabilkan oleh 4-Axis OIS. Fitur bokeh dengan teknologi AI juga dimilikinya, sehingga cocok bagi pengguna smartphone yang hobi fotografi. Selain itu, tersedia pula fitur 2x Optical Zoom, Dual LED Flash, dan kamera depan yang memiliki resolusi 20 Megapixel.

Resolusi kamera depan Xiaomi Mi 8 Pro sangat tinggi. Agar hasilnya semakin berkualitas, maka Xiaomi melengkapinya dengan fitur AI Beauty yang menjadikan wajah terlihat semakin cantik saat selfie. Kamera depannya juga memiliki aperture f/2.0 dan sensor dengan besaran pixel mencapai 0.9µm. Sensor yang dipakainya memiliki kelebihan pada pengambilan foto low light, sehingga kita bisa selfie dimanapun dan kapanpun.

Fitur Konektivitas

Konektivitas Xiaomi Mi8 Pro

Berlanjut ke sektor konektivitas, Xiaomi melengkapi Mi 8 Pro dengan teknologi Dual Band A-GPS serta mendukung Glonass, BDS, Gallieo, GZSS. Bisa dikatakan Mi 8 Pro merupakan smartphone dengan teknologi navigasi terbaik saat ini. Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya telah dilengkapi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, NFC, dan port USB Type-C yang mendukung USB OTG.

Tidak ada slot microSD, dan sebagai gantinya adalah dua slot kartu sim yang bisa dipakai untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE Cat16 yang memiliki kecepatan download mencapai 1024 mbps dan upload 150 mbps. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi kemampuan tahan air, sehingga durabilitasnya dibawah smartphone flagship lainnya yang rata-rata sudah mendukung IP67 atau IP68.

Baterai

Daya Tahan Baterai Mi8 Pro

Daya Tahan Baterai Mi8 Pro

Kapasitas baterai Xiaomi Mi 8 Pro jauh lebih kecil dibandingkan smartphone entry-level sekelas Xiaomi Redmi Note 5 yang dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Walaupun lebih kecil, namun daya tahan baterai Mi 8 Pro jauh lebih baik. Pasalnya smartphone ini telah menggunakan processor Snapdragon 845 AIE yang memiliki konsumsi daya baterai sangat irit dan mendukung teknologi Quick Charge 4.0 Plus. Lalu berapakah sebenarnya harga Xiaomi Mi 8 Pro di Indonesia ?

Harga Xiaomi Mi 8 Pro

Harga Xiaomi Mi 8 Pro

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai perilisan dan harga Xiaomi Mi8 Pro secara resmi di Indonesia. Kami sedikit ragu smartphone ini akan dipasarkan secara resmi di Indonesia. Pasti Xiaomi akan berpikir dua kali sebelum membawanya ke Indonesia. Pasalnya rata-rata masyarakat Indonesia lebih memilih smartphone murah dengan harga di bawah 5 Juta, seperti Xiaomi Pocophone F1 yang belum lama ini dipasarkan dengan membawa Snapdragon 845.

Spesifikasi smartphone ini tergolong monster. Walaupun begitu harga Xiaomi Mi 8 Pro tetap terjangkau. Dimana untuk varian Ram 6GB + Memori Internal dibanderol 400 Euro atau setara Rp. 6.9 Jutaan. Sedangkan harga Xiaomi Mi 8 Pro yang dibekali Ram 8GB + Internal 256GB mencapai 450 Euro atau setara Rp. 7.8 Jutaan. Itu artinya harga Xiaomi Mi 8 Pro jauh lebih murah dari smartphone flagship Samsung maupun Apple yang mencapai belasan juta rupiah.

Kelebihan Xiaomi Mi 8 Pro

  • Menawarkan spesifikasi hardware sangat tinggi yang didukung processor Snapdragon 845 dan Ram berkapasitas sangat besar
  • memiliki media penyimapan yang berlimpang
  • Desain premium dengan berbagai warna unik yang menjadikannya terlihat mewah dan elegan
  • Kualitas layarnya sangat baik dan sudah menggunakan panel Super Amoled yang mendukung HDR10
  • Dibekali teknologi dual kamera dengan fitur AI untuk menghasilkan foto bokeh setara kamera SLR
  • Mampu merekam video 4K hingga kecepatan 60fps
  • Tersedia kamera depan 20 Megapixel yang siap memanjakan pecinta selfie dengan beragam fitur yang menjadikan foto selfie semakin berkualitas
  • Baterainya sangat awet dan sudah mendukung teknologi Quick Charge 4.0
  • Memiliki fitur konektivitas yang sangat lengkap
  • Sudah mengadopsi teknologi Underdisplay Fingerprint Sensor yang membuat sistem keamanannya semakin canggih
  • Selain fingerprint di dalam layar, tersedia pula fitur Face Unlock yang menggunakan teknologi Infrared face recognition
  • Harga Xiaomi Mi 8 Pro jauh lebih murah dibandingkan smartphone flagship yang memiliki fitur serta spesifikasi setara
  • Tersedia 3 pilihan warna menarik yang terdiri dari Black (transparent back), Meteorite black, dan Shuguangjin

Kekurangan Xiaomi Mi 8 Pro

  • Tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu
  • Xiaomi menghilangkan jack audio 3.5mm
  • Tidak ada slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan smartphone ini.

Xiaomi Pocophone F1 bisa menjadi alternatif selain Mi 8 Pro. Selain harganya lebih murah dibandingkan harga Xiaomi Mi 8 Pro, smartphone ini juga menawarkan performa sangat bertenaga dan didukung kamera berkualitas yang membuatnya layak menjadi pilihan utama bagi sobat yang mencari smartphone 4 Jutaan. Kami sendiri berharap Mi 8 Pro bisa dipasarkan di Indonesia, sehingga lebih banyak pilihan smartphone Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia.

sumber : gadgetax, hpsaja



To Top
TERHANGAT
close