Otomotif

Harga Benelli 502C, Review, Spesifikasi & Gambar Oktober 2018


Spesifikasi dan Harga Benelli 502C ‘“ Menginjak akhir Oktober 2018 ini, pabrikan Benelli secara resmi merilis 3 motor barunya, yaitu Benelli 502C, TRK 251, dan 752S. Ketiga motor tersebut diluncurkan untuk pasar global di Nusa Dua, Bali. Tak hanya itu, menariknya, Sesi ini tidak cuma ditujukan untuk awak media massa tetapi juga tamu undangan yakni perwakilan dealer dari berbagai negara. Sebut saja seperti Argentina, Brasil, Nepal, Aljazair, Italia, Australia, Thailand, Vietnam, dan China. Namun, hanya saja dalam pembahasan review kali ini, Mas Sena akan terfokus untuk mengulas soal ketangguhan dari Benelli 502C. Dimana, model ini merupakan motor cruiser masa kini yang wujudnya begitu kental dengan nuansa kuda besi khas Italia. Sehingga, tak heran jika model Benelli 502C ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar cruiser di Indonesia.

Benelli 502C

Sebagaimana saat peluncurannya, memang Benelli 502C ini mengusung konsep desain motor cruiser yang mengedepankan gaya motor khas Negeri Pizaa, Italia. Hal itu tampak jelas dari desain eksteriornya yang dirancang dengan begitu kompak bersama lekukan bodi tegas dan rangka tulang pembungkus blok mesin. Sehingga, memberikan efek maskulin yang begitu menawan. Tak hanya itu, Benelli 502C pun juga dibekali dengan mesin 500 cc 2 silinder yang diklaim sanggup memacu akselerasi tinggi dan bertenaga super gahar. Cocok digunakan sebagai kendaraan untuk menempuh jarak jauh dengan melewati berbagai medan jalan. Selain itu, motor cruiser buatan pabrik blasteran Italia-Cina ini pun juga akan dilengkapi ragam fitur menarik nan canggih yang bakal memanjakan serta menjamin keselamatan bagi penumpangnya. So, apa saja sih kecanggihan maupun kelebihannya? Lebih jelasnya, mari kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Benelli 502c pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Benelli 502C

Bagan Review

Review Benelli 502C

Desain

Desain Kompak Bergaya ‘Style of Swagger’- Khas Motor Cruiser Masa Kini Tampilkan Kesan Maskulin

Di segmen pertama ini, Mas Sena akan meraba sisi eksterior pada spesifikasi Benelli 502C. Dimana, sektor ini merupakan bagian yang sangat menarik mengingat kesan sporty bergaya cruiser Italia Series tampak begitu jelas dari desain yang dibawanya. Bahkan, sepintas memiliki kemiripan dengan Ducati model XDiavel yang begitu gagah. Dari sisi depan, Benelli 502C ini hadir dengan mengusung lampu depan (headlamp) unik dan berbeda dari motor lain dengan teknologi LED DRL dibagian tepi mengelilingi lampu utama. Sehingga, dipastikan bakal sanggup memberikan efek pencahayaan maksimal dan kesan garang jika dilihat dari depan. Tak hanya itu, setang bergaya cruiser pun juga turut disematkan dengan bentuk yang sangat ideal. Selain itu, tangki bahan bakarnya dibuat besar dengan bentuk memanjang menuju jok disertai lekukan elegan yang cukup tegas untuk memperkuat kesan gagahnya. Tak sampai di situ, di bawah tangki dari Benelli 502C ini pun tampak susunan blok mesin yang dilapisi rangka terallis berwarna hitam sehingga tampak berotot. Bahkan, joknya sendiri dibuat memanjang menggantung dan sedikit pendek dengan Mud-Guard. Di lain sisi, karena terlahir sebagai motor cruiser, pijakan kaki depan dibuat lebih maju dari motor pada umumnya. Sementara itu, di bagian sisi kanan belakang, tampak knalpot bergaya Dual Muffler Silencer semakin mempertegas gaya sporty yang dibawanya. Sedangkan, di bagian bodi belalang, tampak stoplamp dirancang unik dan punya ciri khas motor cruiser dengan penempatan di sudut buritan/ekornya plus lampu sein kanan-kiri yang kian mempesona. So, tak mengherankan jika konsep desain gagah dan berotot dari spesifikasi Benelli 502C ini begitu kental akan gaya cruiser modern yang terkesan begitu maskulin.

Spesifikasi Benelli 502C

Speedometer

Full Digital Panel dengan Konsep Modern dan Informatif

Untuk menegaskan kesan modernnya, maka dalam hal ini spesifikasi Benelli 502C pun juga telah dilengkapi dengan speedometer futuristik dan berciri khas motor cruiser masa kini. Hal itu tentu akan semakin memikat para konsumen. Bukan tanpa alasan mengingat kali ini pihak pabrikan telah membawa panel indikator pada Benelli 502C ini dengan layar full digital LCD background biru. Dimana, pada layar LCD yang diusungnya tersebut akan ditampilkan sejumlah informasi mengenai kondisi motor. Salah satunya yaitu kecepatan dalam hitungan Km/jam, posisi gear, rpm, jarak yang telah ditempuh, jam digital, dan indikator bahan bakar. Selain itu, di kanan kiri layar pada speedometer dari Benelli 502C tersebut telah dilengkapi dengan beberapa lampu indikator, seperti lampu netral, lampu sein kanan-kiri, lampu utama/jarak jauh, indikator bahan bakar, indikator kerusakan, dan lampu indikator oli. Semua itu terangkum dalam satu bingkai desain 6 sisi yang dibuat begitu pas dan ideal. Dengan begitu maka panel indikator atau speedometer yang diusung spesifikasi Benelli 502C ini terbilang sudah sangat modern dan informatif sekali.

Spesifikasi Motor Benelli 502C

Suspensi

Keseimbangan Maksimal dengan Struktur Kaki-Kaki Kokoh nan Handal

Meski dimensi ukuran bodinya belum diketahui secara pasti namun kaki-kaki pada spesifikasi Benelli 502C ini dilaporkan memang akan membawa sejumlah keunggulan. Salah satunya yaitu dengan bekalan suspensi handal berupa Upside Down yang disematkan di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang, Benelli mengandalkan tipe suspensi Monoshock Swing Arm. Kedua suspensi yang diusung Benelli 502C tersebut diklaim bakal sanggup menopang bodi motor ini secara sempurna sekaligus menjaga keseimbangan dengan kemampuan daya redam yang maksimal. So, tak heran jika para penumpangnya tetap merasa nyaman meski harus melewati jalanan berlubang dan bergeronjal. Di satu sisi, tak lupa juga bahwa Benelli 502C akan mengusung velg sport masa kini nan handal dengan ukuran 17 inci (depan-belakang). Dimana, untuk velg depan akan dibalut ban berukuran 120/70ZR17 dan untuk ban belakang terbalut ban 160/60ZR17. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk soal pengeremannya, Benelli mengandalkan tipe rem Dual Disc Brake berukuran 280 mm di sektor depan dan Single Disc-Brake dengan ukuran diameter 240 mm. Khusus untuk varian tertingginya, dikabarkan bahwa Bennelli akan menggunakan komponen high performance dari Brembo untuk sektor rem dan tipe KYB di bagian suspensi. Tak sampai di situ, satu yang menarik bahwa kedua rem yang diusung spesifikasi Benelli 502C ini sudah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk memberikan daya pengereman yang lebih sempurna dan anti selip saat terjadi pengereman mendadak.

Review Benelli 502C

Mesin

Berbekal Mesin Handal Tipe DOHC dengan Kapasitas 500 cc Hasilkan Performa Super Bertenaga

Tak hanya soal kaki-kakinya saja, namun pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Benelli 502C ini pun juga menjadi salah satu bagian yang patut untuk kita selidiki. Bukan tanpa alasan mengingat sektor ini merupakan bagian yang sangat berpengaruh pada performa dari motor ini. Dimana, dalam hal ini Benelli 502C akan mengandalkan mesin 2 silinder tipe DOHC yang mana memiliki kapasitas mesin kubikasi hingga 500 cc. Mesin yang diusung motor cruiser tersebut pun nantinya juga akan dikombinasikan dengan sistem transmisi 6 percepatan manual. Yang mana, dengan bekalan mesin tersebut maka diklaim bahwa Benelli 502C ini akan mampu mendongkrak tenaga hingga 47 Hp (35 kW) per putaran 8500 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi hingga 45 Nm. Sayangnya, belum diketahui sistem pembakaran dan berapa perbandingan kompresinya. Meski demikian, sebagai motor cruiser modern, dipastikan bahwa sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Benelli 502C ini akan mengedepankan sisi ramah lingkungannya.

Harga Motor Benelli 502C

Fitur

Berbekal Fitur Canggih dan Menarik dengan Fungsi yang Terjamin

Selain itu, dalam spesifikasi Benelli 502C ini pun juga akan turut disertakan berbagai macam fitur-fitur menarik yang tak bisa diremehkan begitu saja. Wajar saja mengingat model cruiser modern yang satu ini memang selain mengandalkan performa, juga mengedepankan sisi kenyamanan dan keselamatan penumpang. Hal itu tampak jelas dari penyematan berbagai fitur pada Benelli 502C ini. Salah satunya yaitu bekalan rem berteknologi ABS di bagian depan dan belakang. So, tak heran jika sektor tersebut menjadi salah satu fitur yang sangat menjamin keselamatan penumpang mengingat fungsinya sebagai rem untuk mengendalikan laju motor. Selain itu, Benelli 502C sendiri juga akan dilengkapi dengan suspensi handal berupa Upside Down (depan) dan Monoshock Swingarm (belakang) yang siap menjamin kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan. Tak sampai di situ saja, bahkan insturmen indikator berupa speedometer full digital dengan layar LCD pun juga turut melengkapi kecanggihan ditur yang diusung spesifikasi Benelli 502C ini dalam memikat hati para konsumen.

Spesifikasi Benelli 502C

Mesin
Tipe Mesin 2 silinder tipe DOHC
Kapasitas 500 cc
Tenaga Maksimal 47 Hp (35 kW) / 8500 rpm
Torsi Maksimal 45 Nm
Jumlah Silinder 2
Diameter x Langkah ‘“ ‘“ ‘“
Sistem Bahan Bakar ‘“ ‘“ ‘“
Jenis Bahan Bakar Bensin
Starter Elektrik & Kick Starter
Sistem Transmisi Manual, 6 Percepatan
Dimensi
Panjang ‘“ ‘“ ‘“
Lebar ‘“ ‘“ ‘“
Tinggi ‘“ ‘“ ‘“
Jarak Antar Roda ‘“ ‘“ ‘“
Berat ‘“ ‘“ ‘“
Ketinggian Kursi ‘“ ‘“ ‘“
Kapasitas Bahan Bakar ‘“ ‘“ ‘“
Kaki-kaki
Tipe Rangka Terallis
Rem Depan Dual Disc Brake 280 mm
Rem Belakang Single Disc Brake 240 mm
Ban Depan 100/80-17M/C 52S
Ban Belakang 130/70-17M/C 62S
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Monoshock Swing Arm

Harga Benelli 502C

Oke, setelah kita melangkah demi langkah pada jenjang spesifikasi, kini kita akan bahas harga Benelli 502C. Namun, sebelum kita maju jauh membahas harga, ada baiknya Mas Sena jelaskan kembali keunggulan utama dari motor ini. Sebagaimana kita ketahui di atas bahwa motor cruiser buatan Benelli ini memang dibuat dengan konsep desain kompak bergaya ‘Style of Swagger’ yang mengedepankan kesan gagah dan sporty ala motor Italia. Selain itu, performa dari Benelli 502C ini pun juga tak bisa dibantah lagi keunggulannya mengingat sudah dibekali mesin DOHC 2 silinder berkapasitas 500 cc yang siap menyuplai power gahar dengan akselerasi yang agresif. Di sisi lain, beberapa fitur, seperti rem ABS, panel indikator full digital, dan suspensi kokoh nan handal pun juga turut disematkan untuk mendukung kenyamanan dan jaminan keselamatan dalam berkendara. So, berapa sih harga Benelli 502C ini?

Harga Benelli 502C

Harga Benelli 502C Terbaru

Nah, berkaitan dengan angka dari harga Benelli 502C, sebenarnya untuk saat ini bukaan menjadi rahasia lagi. Pasalnya, harga dari motor ini sudah diumumkan sekaligus pada ajang peluncuran globalnya di Bali pada 20 Oktober 2018 lalu. Dimana, menurut informasi yang diumumkan pihak Benelli, yang dalam hal ini dipegang oleh Zhenjiang Qjiang Motorcycle Co. Ltd, diketahui bahwa harga Benelli 502C ini akan dibanderol seharga kisaran antara 39.000 RMB (Rp 85.4 jutaan) untuk varian paling rendah hingga 44.800 RMB (Rp 98 jutaan) untuk varian tertinggi (Brembo dan KYB). Sebuah banderol yang Mas Sena rasa cukup mahal namun sudah sesuai dengan segmentasi maupun spesifikasi yang diusungnya. So, dengan informasi harga Benelli 502C tersebut, apakah teman-teman sudah siap untuk meminangnya?

Harga Benelli 502C

Tipe

Harga

Benelli 502C Rp 85.400.000,-
Benelli 502C Brembo dan KYB Rp 98.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Benelli 502C diatas merupakan harga perkiraan di negara Tiongkok
  • Harga Benelli 502C mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Di sisi lain, kaitannya dengan harga Benelli 502C ini, perlu diketahui juga bahwa motor cruiser ini akan terbagi menjadi dua varian dengan harga berbeda. Dimana, kisaran harga di atas disesuaikan dengan bekalan kecanggihan yang ditawarkan. Namun, sayangnya meski diluncurkan global di Tanah Air, motor ini baru akan dipasarkan perdana di Tiongkok pada November 2018 mendatang. Sedangkan untuk negara-negara lainnya akan menyusul segera, termasuk Indonesia. Nah, demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Benelli 502C. Baca juga review menarik lainnya dari Mas Sena seperti Benelli TNT 250 dan Benelli Motobi 200 Evo.

sumber : semisena



To Top
TERHANGAT
close