Politik

Formappi: Ada 3. 531 Caleg Tidak Mempublikasikan Profilnya di Situs KPU


JAKARTA,NNC- Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi)  Lucius Karus kembali menyoroti soal profil calon anggota legislatif tertutup di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal itu disampaikan dalam diskusi ‘Menakar Kualitas Parlemen 2019’ di kantor Populi Center, Jalan Letjen S Parman, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (8/11/2018).

“Kami mencatat misalnya hanya 4.460 caleg yang punya data profil. Ada 3.531 caleg tidak mau data profilnya dipublikasi atau kita katakan caleg tertutup,” kata Lucius Karus.

Dia lalu mencontohkan, fenomena caleg ‘tertutup’ dari Partai Demokrat. Profil para caleg PD menurutnya tidak dipublikasikan di situs KPU.

“Yang 100 persen (tertutup) ya hanya Demokrat. Kalau Hanura masih ada. PKPI juga, Partai Garuda juga satu-dua orang. Nanti formatnya akan diumumkan sendiri ” sindir Lucius.

Lucius merasa fenomena ini merupakan hal yang aneh. Sebab bisa dianggap menutupi track record negatif  bagi caleg bersangkutan.

“Budaya ketertutupan ini dekat sekali dengan korupsi, penyakit atau hantu yang sampai saat ini belum bisa di usir tuntas di DPR. Salah satu pemicu korupsi ya ketertutupan dengan DPR,” imbuhnya.

Menurut dia, publikasi profil caleg memang tidak diwajibkan KPU. Namun, menurutnya sikap lembaga penyelenggara pemilu itu menurutnya tidak bisa memaksa agar caleg bersangkutan memunculkan profilnya di situs KPU.

Lucius menyebut, berdasarkan usia seperti 2014 itu banyak caleg-caleg berusia produktif. Misalnya di data caleg 2019 mayoritas usia 36-59 tahun ada 68 persen, usia 21-35 itu 21 persen.

Mayoritas caleg dari sisi usia mumpuni untuk bekerja dengan banyaknya fakta usia caleg berusia muda otomatis menjamin kualitas DPR 2019 ini membaik,” kata Lucius Karus

sumber : netralnews



Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
TERHANGAT
close