Berita

Segera Disahkan, Ketua DPRD Pastikan Program SEHATI Azis-Eti Masuk APBD 2019


KEJAKSAN ‘“ Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019 Kota Cirebon akan segera di tetapkan. Dan, program visi, misi, Walikota dan Wakil Walikota Nashrudin Azis ‘“ Eti Herawati terpilih sudah dimasukkan kedalam APBD tersebut. Sedikitnya Rp25 miliar untuk Program SEHATI Azis-Eti sudah dikoordinasikan bersama BPPPD Kota Cirebon.

Demikian dikatakan Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno SIP MSi kepada awak media saat ditemui disela-sela kesibukannya, Kamis (8/11).

‘-Visi, misi dan pogram SEHATI Walikota dan Wakil Walikota terpilih sudah sounding ke BPPPPD dengan anggaran Rp25 miliar. Ploting anggaran sudah dilakukan semua,’- kata Edi.

Edi memgungkapkan, total anggaran APBD 2019 Rp1,4 triliun. Dimana jumlah tersebut hampir sama dengan APBD tahun ini. Format APBD Kota Cirebon, kata dia, cenderung stagnan karena ada penurunan DAK dan DAU. DAU itu terkait guru SMA yang menjadi kewenangan provinsi dan DAK turun karena dinilai kurang mampu mengelola.

‘-Silpa pum terlalu besar, sehingga masih memanfaatkan DAK tahun sebelumnya. Disamping itu, anggaran pusat yang menurun,’- ungkapnya.

Akan tetapi, kata Edi, belanja dan PAD nya tidak berubah dan cenderung mengalami kenaikan. Pihaknya memiliki program dengan dipasangnya Taiping Box secara keseluruhan. Namun, yang disayangkan Dinasnya (BKD, red) kurang sigap dimana baru dipasang 18 Taiping Box.

‘-Di Kota Cirebon minimalnya dipasang 50 Taiping Box, dan pendapatannya bisa 100 persen bahkan bisa 2 kali lipat,’- ujarnya.

Edi mencontohkan ada 100 hotel dan 80 restauran, jika semua itu dipasang Taiping Box bisa dibayangkan peningkatannya bisa lebih banyak daripada saat ini.

‘-Tahun ini pendapatan restauran naik sekitar 11 persen, dan tahun depan bisa terus meningkat,’- pungkasnya. (CP-06)

sumber : cirebonpos



To Top
TERHANGAT
close