Berita

Nissan Terra Produksi Thailand Sabet Bintang 5 di ASEAN NCAP


– ASEAN NCAP kembali menguji kendaraan baru yang dijual di kawasan ASEAN, dan kini giliran SUV ladder frame milik Nissan yaitu Nissan Terra. Yap, pesaing dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini baru – baru ini menuntaskan uji tabrak di ASEAN NCAP dan membawa pulang hasil yang menggembirakan. Nissan Terra versi produksi Thailand sukses menerima rating bintang 5 dalam tes tabrak di ASEAN NCAP. Seperti apa detailnya, mari kita bahas lebih lanjut.

Jadi, capaian ini sejatinya bukan merupakan hal yang mengejutkan bagi kami, karena para rivalnya di kelas yang sama pun meraih hasil yang sama. Mitsubishi Pajero Sport versi tahun 2016 meraih bintang 5 untuk varian 2 airbag dengan ESC, dan 4 bintang untuk versi non ESC. Sedangkan Ford Everest versi tahun 2015 pun meraih rating bintang 5 pula. Sayangnya, kami tak bisa membandingkan angka – angka yang diraih karena nampaknya ada perbedaan cara penilaian sejak tahun 2016 dengan tahun 2018 ini. Yang jelas, skor yang diperoleh Nissan Terra untuk Adult Occupant Protection (AOP) adalah 32,18 dari nilai maksimal 36. Sedangkan nilai Child Occupant Protection (COP) ada di angka 40,74 dari nilai maksimal 49, sedangkan untuk urusan safety assist (SA), Nissan Terra meraih angka 12,73 point dari maksimal 18 poin.

Dengan pembobotan nilai sebanyak 50% dari AOP, lalu 25% dari COP dan 25% dari SA, skor total dari Nissan Terra mencapai 83,17 poin, dan sudah memenuhi aspek untuk mendapatkan bintang 5 dari ASEAN NCAP. Nah, dari data pihak ASEAN NCAP juga memperlihatkan bahwa tak ada perbedaan signifikan dalam hal teknologi keamanan Nissan Terra versi Indonesia, versi Thailand dan juga Versi Filipina. Jadi, rating bintang 5 sendiri cukup sah dinyatakan untuk Nissan Terra yang dijual di Indonesia. Secara umum, dari hasil AOP Nissan Terra, pengendara hanya berpotensi untuk mengalami dampak yang marginal di bagian dada, sedangkan perlindungan di kaki termasuk memadai, sisanya, perlindungan kepala dan anggota tubuh lainnya terbilang baik.

Sedangkan untuk penumpang depan, hampir keseluruhan perlindungan tubuh dinyatakan baik, menyisakan perlindungan dada yang dinilai Memadai. Untuk side impact, seluruh penilaian dari Nissan Terra masuk kategori good. Oiya, mungkin beberapa dari kalian juga bertanya – tanya, memangnya varian apa yang diuji oleh ASEAN NCAP? Jadi, Nissan Terra yang diuji di ASEAN NCAP adalah varian bermesin 2.300cc 2WD dengan transmisi otomatis 7 percepatan. Varian ini membawa jumlah airbag sebanyak 6 buah. Artinya, secara umum penilaian dari tes tabrak ini cukup comply dengan unit yang dijual di Indonesia, karena setiap varian Nissan Terra yang dijual disini sudah mendapatkan ABS, EBD, BA, HSA, VDC, dan 6 buah airbag.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : ASEAN NCAP

sumber : autonetmagz



To Top
TERHANGAT
close