Berita

Waswas Dompyong Banjir, PJ Kuwu Minta BBWS Keruk Sungai Ciberes


CIREBON – Untuk mengantisipasi banjir di Sungai Ciberes yang melintasi Desa Dompyong Wetan, Kec Gebang, Kab Cirebon, Pj Kuwu setempat M. Mansur, meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (Cimancis) untuk segera melakukan normalisasi alias mengeruk Sungai Ciberes.

SEMAKIN DANGKAL – Sungai Ciberes di Desa Dompyong semakin dangkal sehingga perlu dinormalisasi.

Hal tersebut dikemukakannya usai acara serah terima jabatan, Rabu (9/1/2019). Penunjauan sungai ciberes ini menjadi jobdesk perdananya pasca dilantik. “Saya meminta BBWS Cimancis menindaklanjuti usulan kami dari tahun 2017 lalu,’- katanya.

Dijelaskan Mantan Sekdes Gembongan ini, Desa Dompyong Wetan pada musim penghujan dinilai rawan banjir dengan diawali dahsyatnya luapan air, mengingat sungai Ciberes yang terletak di desanya sudah dangkal dan tidak ada tanggul. Inilah yang akan mengancam erosi rumah warga khususnya yang ada disamping sungai tersebut.

‘Sudah 14 tahun sungai Ciberes yang ada di desa kami tidak pernah tersentuh normalisasi, terakhir tahun 2004,’- tukasnya. Padahal, kata dia, tetangga desa baik itu di hulu maupun dihilir sudah dinormalisasi oleh BBWS. ‘Desa Cangkuang, Serang, Gembongan, Kalimaro sampai Gebang Kulon hampir tiga kali mendapat program normalisasi sungai. Untuk itu saya meminta BBWS bersikap adil dan memperhatikan desa kami,’- ulasnya. (adi/crd)

sumber : jabarpublisher


To Top
TERHANGAT
close