Berita

Mengenal Putri Ubolratana dari Thailand Lebih Dekat


adsense-fallback

Internasional – Putri Ubolratana Rajakanya, kakak Raja Thailand, maju sebagai kandidat dalam pemilihan perdana menteri Thailand. Ini pertama kalinya anggota keluarga kerajaan terjun ke politik dalam sejarah negara itu.

Anak sulung Raja Bhumibol

adsense-fallback

Dijuluki “La Poupée” (bahasa Prancis yang berarti “boneka”), Putri berusia 67 tahun itu adalah anak sulung dari mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit. Ia dilahirkan di Lausanne, Swiss pada 5 April 1951, saat ayahnya menjadi mahasiswa di sana. Ia lulus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1973 dengan gelar di bidang matematika.

Putri Ubolratana, Thailand,

Putri Ubolratana tidak menghindar dari sorotan. Sejak tahun 2003, ia kerap muncul di layar kaca layaknya selebriti. Ia telah membintangi drama televisi, diantaranya berjudul Kshatriya dan Anantalai (Picture-Alliance)

Mencetak sejarah

Putri Ubolratana adalah kakak kandung dari Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun. Selain adik laki-laki, ia juga memiliki dua adik perempuan, yakni Putri Maha Chakri Sirindhorn dan Putri Chulabhorn. Putri Ubolratana adalah anggota keluarga kerajaan pertama yang terjun ke bidang politik dalam sejarah 86 tahun Thailand sebagai negara monarki konstitusional.

adsense-fallback

Melepas gelar kerajaan demi cinta

Pada tahun 1972, Putri Ubolratana menyerahkan gelar kerajaannya untuk menikah dengan teman kuliahnya, mahasiswa MIT Peter Ladd Jensen. Ia kemudian mengambil nama Mrs. Julie Jensen dan menetap di AS dengan suaminya. Namun pada 1998 mereka bercerai dan sang Putri pun kembali ke Thailand pada tahun 2001.

Mendukung usaha filantropi

Putri Ubolratana mendukung banyak kegiatan filantropi. Menurut Reuters, ia menginisiasi kampanye anti narkoba “To Be Number One” di tahun 2002. Kampanye ini bertujuan untuk membantu para pemuda jauh dari obat-obatan. Sang Putri juga mendirikan Yayasan Khun Poom untuk mengenang anaknya, yang menjadi korban tsunami tahun 2014. Yayasan ini membantu anak-anak dengan autisme dan ketidakmampuan belajar.

Seperti Selebriti

Putri Ubolratana tidak menghindar dari sorotan. Sejak tahun 2003, ia kerap muncul di layar kaca layaknya selebriti. Ia telah membintangi drama televisi, diantaranya berjudul Kshatriya dan Anantalai. Dia juga tampil dalam film Thailand, Where Miracle Happens dan My Best Bodyguard. Selain itu, ia juga pernah menjadi host talk show To Be Number One Variety.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : (Sumber: Channel News Asia/Ed.: na/hp)

sumber : jawapos


To Top
TERHANGAT
close