Teknologi

Google Chrome Versi 73 Akan Bawa Dukungan Tombol Multimedia Dari Keyboard


adsense-fallback

Google Chrome adalah browser paling populer dengan jumlah pengguna yang tinggi, dan kini fitur yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna akan tiba pada update berikutnya. Chrome versi 73 akan menjadi versi pertama browser web Google yang akan memiliki dukungan resmi untuk tombol multimedia yang dimiliki pengguna pada laptop dan keyboard desktop. Dukungan ini akan diluncurkan untuk Chrome OS, Mac OS, dan Windows. Sementara untuk Linux akan tiba kemudian hari, namun belum dikonfirmasi kapan tepatnya.

adsense-fallback

Dukungan resmi untuk tombol multimedia berarti bahwa pengguna akan dapat mengontrol video dan musik yang diputar di browser langsung dari keyboard perangkat itu sendiri. Sebenarnya hal itu dimungkinkan untuk mendapatkan fungsionalitas ini dengan aplikasi pihak ketiga tetapi Chrome 73 akan menghilangkan kebutuhan pihak ketiga.

Dukungan awal adalah untuk tombol ‘play,’- ‘jeda,’- ‘track sebelumnya,’- ‘mencari maju,’- dan ‘mencari mundur’-. Penekanan tombol akan didukung pada level browser dan bukan pada level tab yang berarti bahwa tombol dapat digunakan untuk mengontrol pemutaran media yang bahkan jika browser diperkecil di latar belakang. Update tersebut membawa Media Session API juga yang akan memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan interaksi untuk tombol multimedia.

Fungsi ini saat ini tersedia dalam distribusi beta dan Chrome Canary dari Chrome 73, sementara untuk versi stabil akan dirilis bulan depan. Dengan hadirnya fitur ini akan menjadikan Chrome sebagai browser pertama yang memiliki dukungan untuk tombol multimedia.

adsense-fallback

sumber : BeritaTeknologi


To Top
TERHANGAT
close