Berita

New Start : Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Masuki Babak Baru


Pasca ditangkapnya Carlos Ghosn di Jepang beberapa bulan lalu terkait kasus yang melilitnya, aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi pun akhirnya bergejolak. Pihak Renault dan aliansinya akhirnya mencopot Ghosn dari posisinya, baik di aliansi maupun di dalam tiap merk yang berada dalam aliansi. Setelah itu setiap merk pun menentukan suksesor Ghosn, dan kini semuanya berkumpul untuk memulai sebuah babak baru dari kerjasama ketiganya.

Osamu Masuko

Pihak aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi sendiri menamai operating board baru mereka ini dengan nama ‘New Start’. Nah, pihak – pihak yang terlibat dalam hal ini adalah petinggi dari Renault yaitu Jean-Dominique Senard, lalu CEO Renault Thierry Bollore, CEO Nissan Hiroto Saikawa, dan juga CEO Mitsubishi Osamu Masuko. Nah, para petinggi dari tiap merk ini bakal bersama – sama mengurus aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, dan tugas utama mereka adalah untuk membangun pondasi untuk babak baru dari aliansi ini. Namun, walaupun ada operating board baru, tidak ada perubahan yang berarti pada struktur aliansi ini.

Jean-Dominique Senard

Nah, selain itu operating board baru ini juga bakal mengkoreksi dan juga memantau joint ventures yang ada di dalam aliansi, termasuk joint venture Renault-Nissan BV di Belanda, dan juga Nissan Mitsubishi BV. Keduanya sendiri sedang berada di dalam investigasi terkait dengan kasus yang melilit Ghosn. Nah, final agreement untuk operating board ini sendiri bakal ditandatangani di perayaan 20 tahun aliansi Renault-Nissan mendatang. Sedangkan setiap anggota dari operating board ini bakal bertemu setiap bulannya di Paris ataupun Tokyo untuk membicarakan stakeholders secara umum.

Hiroto Saikawa

Tentunya kita berharap pembentukan operating board dengan julukan New Start ini bakal membuat aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang dilanda prahara beberapa waktu terakhir ini bisa kembali gas pol untuk memperkenalkan lebih banyak produk baru ataupun konsep yang lebih inovatif serta tentunya bersaing dengan aliansi – aliansi lain di segmen otomotif global. Nah, kita tunggu saja apa yang akan dihasilkan oleh New Start pasca pembentukan ini. Yang jelas, kini tugas berat disandang oleh 4 orang penting ini untuk memajukan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dan juga setiap merk di dalamnya.

Jean-Dominique Senard dan Theirry Bollore

Bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian.

sumber : autonetmagz


To Top
TERHANGAT
close