Otomotif

Profil – Volkswagen Scirocco TSI 1.4 R line


‘“ Hatchback dengan 5 pintu mungkin sudah jadi pemandangan yang biasa di Indonesia. Namun akan jadi menarik jika kita melihat mobil hatchback 3 pintu berkeliaran di jalanan, sebab mobil dengan model tersebut membuat tampilan lebih eksotis seperti mobil sport.

Mobil hatchback 3 pintu yang pernah marak beredar sekitar tahun 80-90an contohnya seperti Honda Civic Nouva, Civic Estilo, dan sebagainya. Namun kali ini KabarOto akan membahas profil hatchback 3 pintu asal pabrikan Jerman nih, yaitu Volkswagen Scirocco 1.4 TSI R line.

Eksterior

Tampilan sporty yang dinamis jadi nilai tambah dari desain eksterior VW Scirocco ini, bodi lebar dengan 2 pintu yang sudah frameless, menjadikan tampilan mobil hatchback asal Jerman tersebut makin eksotis. Sistem penerangannya juga sudah mengsung lampu projektor agar bisa menghasilkan cut off lebih bagus dan terang. Selebihnya, foglamp dan lampu sein masih menggunakan bohlam halogen biasa dengan model cover menyatu seperti cakar pada sisi bumper.

Tampilan depan terlihat agresif dengan model bumper seperti cakar.

Demi mempertegas kesan sporty, dicolok pelek ukuran 18 inci model palang 5 dengan finishing warna silver, dan berbalut ban Pirelli P Zero ukuran 235/40 R18. Uniknya, tidak seperti mobil kebanyakan, baut roda semua varian VW menggunakan baut berkode khusus, sehingga pelek aman dari pencurian.

Pelek menggunakan baut khusus, dan ban Pirelli P Zero.

Berlanjut ke bagian belakang, bodi gempal dan unik memberi kesan semok saat melihat mobil ini dari belakang. Lengkapnya lagi, lampu rem sudah menggunakan LED, bumper lekukan agresif dengan lubang udara pada sisi kanan-kiri, dan finishing muffler dual pipe membuat tampilan makin gahar.

Mesin

Ruang mesin dan kap dari mobil ini cukup rapi, sebab sudah dicat sewarna bodi dan tertutup dengan cover. Sektor jantung mekanisnya menggunakan mesin sama seperti Golf Mk6 dengan kapasitas 1.4 liter, konfigurasi 4 silinder, menghasilkan tenaga mencapai 160 dk dan torsi maksimal 240 Nm. Dari tenaga tersebut kemudian disambung ke transmisi kopling ganda 7 percepatan (DSG) memberikan sensasi pengendaraan lebih sporty karena perpindahan gigi cepat, yang disalurkan ke roda depan.

Mesin masih sama dengan Golf Mk6 dengan kapasitas 1.4 L TSI.

Hasilnya, akselerasi dari diam hingga 100 kpj tuntas dalam 8 detik saja loh, sementara kecepatan maksimal dapat digeber hingga 218 kpj.

Interior

Masuk kedalam kabin mobil ini, kita akan disambut warna hitam berpadu abu-abu yang cukup sporty dengan aksen alumunium brush. Lengkap dengan motif jok kotak-kotak berbahan fabric yang lumayan empuk saat diduduki. Pengaturan jok dan setir semua masih manual, belum ada sistem electric, namun untuk setir asiknya sudah tilt dan telescopic.

Tampilan dasbor Scirocco secara keseluruhan.

Soal fitur, Scirocco memberikan fitur cukup lengkap. Mulai dari headunit double din yang sudah mendukung Apple Carplay dan Android Auto, headlamp otomatis dan leveling, speedometer dengan layar MID monokrom, wiper yang sudah intermittent, Cruise control, audio steering switch dan paddle shift. Serta gauges bawaan terpasang di atas dasbor demi menunjukkan temperatur oli, boost meter, dan jam pada bagian tengah.

3 buah gauges yang sudah jadi standar pabrikan.

Untuk kepraktisannya mungkin mobil ini sedikit minim ruang penyimpanan, hanya terdapat laci sisi penumpang depan, sisi pintu pengemudi dan penumpang hanya terdapat door pocket saja, lalu cup holder hanya ada pada bagian tengah, lalu konsol tengah hanya terdapat ruang penyimpanan kecil dan media input saja. Agar tidak repot membawa barang, pintu bagasi bisa diakses dari logo belakang yang jadi handle pintu, kapasitasnya cukup luas lengkap dengan lampu penerangan dan output 12 volt.

Tampilan baris row kedua yang masih cukup lega untuk orang dewasa.

Akses ke row kedua juga dirasa cukup sulit, sebab kita harus memajukan dan mengatur ulang posisi jok penumpang secara manual. Tetapi duduk dibelakang masih cukup lega untuk penumpang tinggi 170cm, dengan posisi duduk sudah disesuaikan.

Baca juga : Volkswagen Scirocco R Asal Kota Parahyangan Ini Targetkan Ubahan Drastis Di Mesin

Sistem keamanan penumpang yang hadir pada Scirocco juga cukup lengkap, mulai dari ESC, ABS, Airbag 4 titik, traction control, dan sensor parkir sudah jadi standar keamanan mobil ini.

Soal harga, Scirocco 1.4 TSI R line ini dibanderol dengan harga Rp 615 juta, namun untuk pasar Indonesia Scirocco hanya tersedia dalam 2 warna saja yakni abu-abu tua dan putih saja.

Kesimpulan dari mobil ini, memang sangat cocok untuk dikemudikan sendirian ataupun membawa 1 penumpang, model yang agresif dan unik juga cocok bagi anak muda, ditambah performa mesin 1.4 TSI membuat mobil ini asik dikendarai. Tapi untuk mobil keluarga, Scirocco bukan mobil yang cocok, karena minim ruang penyimpanan, dan akses row baris kedua yang cukup sulit.

sumber : kabaroto

loading...


To Top
TERHANGAT
close