Berita

DPTb di Kabupaten Cirebon Bertambah Capai Ribuan, Alokasi 4 TPS


CIREBON– Selain DPT, KPU Kabupaten Cirebon mendata pemilih pindahan (DPTb) yang dialokasikan di 4 TPS.

Hal ini lantaran jumlah pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Cirebon bertambah.

Berdasarkan DPTHP 2, jumlah pemilih di Kabupaten Cirebon sebanyak 1.702.668. Angka ini bertambah dengan adanya Daftar Pemilih Pindahan (DPTb) sebanyak 2.496 pemilih.

“Jadi awalnya TPS berjumlah 6.746 plus 4 TPS untuk DPTb,” kata Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sopidi saat ditemui RMOL Jabar di ruang kerjanya, Senin (8/4)

Sopidi menerangkan, ke-4 TPS untuk DPTb itu tersebar di beberapa tempat, yakni di Lapas Gintung sebanyak 2 TPS, Arjawinangun 1 TPS dan di Ponpes Al-Bahjah pimpinan KH Buya Yahya sebanyak 1 TPS.

Masih kata Sopidi, bagi pemilih yang tercatat dalam DPTb dapat menggunakan hak pilihnya sesuai alokasi waktu yang disediakan, antara pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

“Kalau jam 12.00 sampai jam 13.00 itu khusus Daftar Pemilih Khusus (DPK). Namun, DPK di Kabupaten Cirebon tidak ada,” paparnya.

Di ruang yang sama, Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Kabupaten Cirebon Ujang Kusumah Atmawijaya menambahkan, semua DPTb telah terdata. Hasil rekapitulasi, DPTb terbagi menjadi 2 jenis.

Pertama, DPTb yang masuk berjumlah 2.496 pemilih terdiri dari 1.386 pemilih berjenis laki-laki dan 1.110 pemilih berjenis perempuan. Jumlah itu, kata Ujang, tersebar di 40 Kecamatan

Adapun DPTb yang keluar, lanjut Ujang, sebanyak 4.547 pemilih dengan rincian 2.531 pemilih laki-laki dan 2.016 pemilih perempuan. Sama dengan sebelumnya, DPTb yang keluar ini tersebar pula di 40 Kecamatan.

“Semua perangkat-perangkatnya sudah disiapkan. Kita tinggal nunggu keputusan KPU RI, baik soal logistik dan sebagainya. Sampai hari ini masih cetak, semoga bisa lebih cepat,” tandas Ujang.

(son/rmol/pojokjabar)

sumber : pojoksatu


To Top
TERHANGAT
close