Berita

Toyota Akan Ciptakan TNGA Khusus Untuk Pikap & Double Cabin


Pasca diluncurkannya Toyota C-HR dan All New Toyota Camry di Indonesia, nama platform TNGA makin akrab dengan para pecinta otomotif di tanah air. Nah, TNGA sendiri menjadi solusi pihak Toyota untuk menyeragamkan basis produksi atau biasa kita sebut platform produksi dari sebuah mobil yang sekiranya berada dalam satu segmen atau kelas yang sama. Dan menariknya, varian TNGA hanya ada untuk kendaraan penumpang saja, sedangkan tidak ada untuk varian kendaraan komersial.

Sejauh ini, sudah ada 4 varian TNGA, yaitu TNGA-C untuk mobil kompak seperti Toyota C-HR, Lexus UX dan Toyota Prius, lalu TNGA-K untuk mobil medium seperti Toyota RAV-4, Toyota Camry dan Lexus ES. Setelah itu, ada juga TNGA-N untuk Toyota Crown, serta TNGA-L untuk mobil mewah macam Lexus LC dan Lexus LS. Nah, lalu apa kabar dengan kendaraan – kendaraan seperti Toyota Hilux, Toyota Tundra dan Toyota Tacoma yang sama – sama masuk di segmen komersial? Bukankah makin memudahkan jika pihak Toyota juga hanya memiliki 1 platform yang bisa digunakan oleh banyak tipe kendaraan di segmen pikap dan double cabin ini? Memang iya.

Dan Toyota sendiri sudah bergerak untuk bisa merealisasikan hal tersebut. Kabarnya, sebuah platform yang diberi nama F1 Platform bakal menjadi platform universal untuk jajaran pikap dan double cabin lansiran Toyota. Bahkan, bisa jadi kedepannya bukan hanya pikap dan double cabin saja yang bisa menggunakan basis ini, melainkan juga SUV lain Toyota yang menggunakan basis serupa. Contohnya, jika Toyota Hilux menggunakan platform tersebut, maka besar kemungkinan Toyota Fortuner juga menggunakan platform yang sama, pun begitu antara Toyota Sequoia dan Toyota Tundra serta Toyota 4Runner dan Toyota Tacoma.

Nah, namun sayangnya belum ada detail yang jelas terkait kapan pihak Toyota bakal mulai menyeragamkan penggunaan dari platform baru bagi kendaraan komersial mereka ini. Nampaknya, ada kemungkinan realisasi dari platform ini baru bisa terjadi setelah tahun 2020, karena biasanya kendaraan komersial seperti Toyota Hilux, Toyota Tundra dan Toyota Tacoma memiliki lifespan yang cukup panjang hingga muncul generasi terbarunya. Sejauh ini, Toyota IMV Platform telah menjadi salah satu platform yang paling menguntungkan bagi Toyota. Beberapa produk yang menggunakan platform ini pun dijual di Indonesia, seperti Toyota Innova, Toyota Hilux, dan Toyota Fortuner.

Bisa jadi, F1 Platform bakal menjadi The Next IMV Platform bagi pihak pabrikan berlogo tiga elips ini. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Sumber : Automotive news

sumber : autonetmagz


To Top
TERHANGAT
close