Berita

Suzuki Kembangkan Mesin Bensin Dualjet 1.200cc Baru, Kodenya K12C


Apakah kalian merasa tidak asing dengan mesin K12B? Jika iya, maka bisa jadi kalian adalah salah satu dari owner mobil Suzuki dengan mesin tersebut, atau setidaknya kalian sering membaca informasi terkait mesin ini. Mesin K12B memang menjadi salah satu mesin yang cukup dikenal akrab di Indonesia berkat aplikasinya ke salah satu produk mungil Suzuki, yaitu Suzuki Splash. Nah, kini pihak Suzuki sedang mengembangkan sebuah mesin baru yang bakal menjadi suksesor bagi mesin K12B tersebut.

Mesin tersebut sejauh ini dikabarkan akan menyandang nama K12C, cukup make sense karena B dan C berurutan. Mesin ini juga kabarnya bakal menggunakan kubikasi yang sama yaitu 1.200cc dengan teknologi dualjet. Apa itu Dualjet? Nah, secara kasar teknologi ini sendiri menggunakan dua buah fuel injection di dalam sebuah silinder. Jadi, jika mesin ini memiliki 4 silinder, maka total ada 8 buah fuel injector di dalam mesin ini. Teknologi ini sejatinya bukanlah teknologi yang baru – baru amat bagi Suzuki, karena di mesin K10C sendiri pihak Suzuki sudah menerapkan teknologi ini. Mesin K10C sendiri adalah mesin dari Suzuki Swift terbaru yang juga berteknologi Boosterjet alias berturbo.

Lalu, artinya nanti mesin K12C juga akan menggunakan Turbo? Oh, tunggu dulu ferguso, tidak seperti itu. Mesin ini memang tidak akan menggunakan turbo, karena mesin ini bakal dipasangkan di mobil – mobil mungil dari Suzuki, utamanya Maruti Suzuki. Namun mesin ini bakal fit in dengan teknologi mild hybrid dari Suzuki yaitu SHVS. Oiya, munculnya mesin ini sendiri merupakan salah satu dampak berkembangnya standar emisi gas buang, khususnya di India yang membuat banyak mesin berteknologi lawas menjadi tidak reliable lagi. Nah, lalu apakah Suzuki Ignis akan menggunakan mesin ini nantinya?

Bisa iya, bisa juga tidak, karena Suzuki Ignis dan All New Suzuki Wagon R sudah memiliki opsi mesin lainnya yaitu mesin K12M. Sama – sama mesin K Series Suzuki, dan berkubikasi sama namun beda tipe. Jika melihat riwayat dari mobil – mobil yang menggunakan mesin K Series, maka kemungkinan mobil yang akan menggunakan mesin ini selain Suzuki Ignis adalah Suzuki Ciaz, Suzuki Dzire dan juga Suzuki Swift. Kabarnya, mesin K12C ini sendiri bakal mendapatkan koreksi dalam hal peforma dan torsi, dimana tenaga maksimal mesin ini ada di angka 90 hp dengan torsi 120 Nm. Artinya, jika dibandingkan dengan mesin K12B, maka tenaga meningkat 7 hp dan torsi naik 5 Nm.

Nah, kita tunggu saja bagaimana kiprah dari mesin baru milik Suzuki ini. Bisa saja nantinya mesin ini menjadi mesin dari Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia berhubung banyak pesaingnya yang sudah naik kelas menjadi 1.200cc di segmen LCGC. Kalau menurut kalian bagaimana?

sumber : autonetmagz


To Top
TERHANGAT
close