Berita

Sambut Ramadan, Santri Pondok Pesantren Babakan Main Bola Api dan Mandi Petasan


CIREBON – Menyambut bulan suci ramadan, seperti biasanya sepak bola api rutin dilaksanakan setiap tahun di salah satu pondok pesantren Akhilul Sanah, Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Dengan di gelarnya atraksi sepak bola api dan mandi petasan yang di lakukan oleh para santri bertempat di lapangan bola desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/4/2019) malam.

Dari pantauan pojokjabar.com ribuan warga dan para santriwan dan santriwati memadati lapangan bola Desa Babakan untuk menyaksikan atraksi main bola api serta mandi petasan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun dalam menyambut bulan suci ramadan.

‘Permainan bola api dan atraksi lainnya seperti mandi petasan merupakan tradisi pondok pesantren Babakan Ciwaringin yang sudah di lakukan dari dulu,” kata Baequni ketua panitia pelaksana kepada pojokjabar.com.

Tradisi permainan sepak bola api ini dimainkan sebagai bentuk syiar islam, bahwa kekebalan pada api itu bukan untuk kesombongan tapi untuk pembelajaran diri bahwa ketakwaan kita harus di tingkatkan melalui permainan ini.

Sementara itu, Dewi (20) menurut warga yang menyaksikan sepak bola api mengatakan, setiap tahun dirinya melihat atraksi sepak bola api dan lainya. “Kami sengaja datang ke sini ingin melihat atraksi ini, karena setahun sekali di laksanakan jelang puasa saja,” ujar Dewi.

(kir/pojokjabar)

sumber : pojoksatu

loading...


To Top
TERHANGAT
close