Otomotif

Tune-Up Mesin Sebelum Mudik di Bengkel Umum


‘“ Lebaran tinggal 2 minggu lagi nih, banyak orang yang sudah bersiap-siap melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing, bertemu sanak saudara, dan bersilaturahmi menjadi tujuan utama saat mudik lebaran.

Biasanya orang-orang yang sudah kehabisan tiket kereta, maupun pesawat, lebih memilih mudik menggunakan mobil. Namun, jangan salah sobat KabarOto, jangan asal pakai mobil untuk mudik, karena kondisi kendaraan harus selalu dalam performa terbaik saat digunakan jarak jauh. Kan tidak mau kalau tiba-tiba mobil mogok di tengah perjalanan.

Proses tune up turut membongkar bagian throttle body.

Kali ini KabarOto akan membahas jasa tune-up mesin dari sudut pandang bengkel umum nih, biasanya soal biaya relatif lebih kompetitif ketimbang servis di bengkel resmi.

Baca juga : Diskon Service Bagi Pengguna Toyota Yang Mau Mudik Di Bengkel Auto2000

Salah satu bengkel yang cukup terkenal dalam urusan mesin adalah Von’s Jaya Motor, yang berada di daerah Pasar Mobil Kemayoran. ‘Untuk jasa urusan perawatan mesin kita ada namanya paket tune-up fogging. Paket tersebut meliputi pembersihan pada bagian throttle body, dan juga internal,’- ujar Bufon, owner dari bengkel.

Antrian cukup banyak menjelang mudik lebaran.

Untuk cara perawatannya sendiri, mungkin setiap bengkel akan berbeda-beda. Kalau bengkel VJM sapaan akrab bengkel ini, tidak menggunakan metode infus, ‘Jika kita tidak pakai metode infus, kita akan bongkar terlebih dahulu throttle bodi, lalu dibersihkan keraknya. Lalu bagian internal kita akan semprot cairan khusus pembersih dan mobil akan digas hingga kerak keluar semua,’- lanjut pria pemilik Honda Brio 300 dk tersebut.

Contoh throttle body yang kotor dan berkerak setelah lama tidak dibersihkan.

Biasanya tune-up akan dibarengi dengan penggantian oli juga, terserah mau membawa oli langganan anda sendiri dengan membayar jasa saja, atau membeli oli di bengkel langsung. Tidak hanya itu, VJM juga menjual sparepart mobil copotan dari luar negeri yang kondisinya dijamin sudah melalui seleksi dan bergaransi loh.

Kerak yang keluar setelah di-tune up.

Setelah semua kerak pada mesin dibersihkan, nantinya akan dilakukan lagi pengecekan menggunakan software apakah ada malfungsi pada sistem mobil. Jika ditemukan adanya permasalahan, akan segera ketahuan dan diperpaiki langsung. Mirip seperti teknologi bengkel resmi kan sob.

Baca juga : Biar Mobil Kinclong Saat Mudik, Intip Nih Harga Perbaikan Bodi Di Bengkel Auto2000

Untuk biayanya, cukup terjangkau loh berkisar harga Rp 500 ribu per mobilnya dan sudah terima beres, kecuali kalau ada komponen rusak dan harus diganti mungkin akan ada penambahan biaya.

Yang mau tune-up, atau informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi Von’s Jaya Motor, 081314199233.

Von’s Jaya Motor

Pasar Mobil Kemayoran Blok V No.12, Jakarta Pusat.

081314199233

sumber : kabaroto


To Top
TERHANGAT
close