Teknologi

10 Film Paling Laris Sepanjang Masa


Pernahkah kamu bertanya apa film paling laris sepanjang masa? Kalau iya, yuk kita lihat bersama film apa yang ditonton begitu banyak orang sampai memiliki pendapatan luar biasa.

Ya. Memang ada film yang begitu populer. Tidak saja ditonton oleh banyak orang. Bahkan bisa ditonton berkali-kali.

Salah satu contohnya adalah film Avengers: Endgame. Film ini menjadi puncak dunia sinematik Marvel yang berlangsung dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun. Tidak heran kalau Avengers: Endgame begitu heboh. Sampai memicu banyak kejadian unik.

Tapi tentu saja, sekedar populer belum bisa jadi ukuran tepat. Ukuran yang dipakai untuk film paling laris berasal hasil pendapatan pemutaran di bioskop. Itu sebabnya ada istilah Box Office, yang menggambarkan kotak penjualan tiket di bioskop.

Fakta Luar Biasa

Sebelum masuk ke daftar, ada beberapa hal menarik yang bisa dibahas.

Daftar ini merupakan urutan film terlaris sepanjang masa, namun tanpa memperhitungkan tingkat inflasi dan populasi dunia. Tingkat inflasi tentu saja berpengaruh pada harga tiket. Begitu juga dengan populasi yang menentukan jumlah penonton.

James Cameron berhasil menjadi sutradara dengan dua film yang berada di puncak daftar (3 besar). Ini tentu saja membuatnya sebagai salah satu sosok paling sukses dan berpengaruh di Hollywood.

Marvel berhasil memasukkan film terbanyak dalam daftar ini. Ada lima film MCU yang masuk dalam 10 besar film terlaris sepanjang masa.

Tahun 2015 membuktikan menjadi tahun film yang sukses. Ada empat film dari tahun 2015 yang masuk di daftar film paling laku ini.

fun facts film terlaris sepanjang masa

Film Terlaris Sepanjang Masa

Lalu, apa saja film paling laris sepanjang masa?

1. Avatar

avatar (2009) adalah film paling laris

Avatar (2009) untuk saat ini duduk di posisi nomor satu sebagai film terlaris. Total pendapatannya dari pemutaran bioskop di seluruh dunia adalah $2.787.965.087 alias hampir tiga milyar Dollar.

Film fiksi ilmiah besutan sutradara James Cameron ini tidak hanya sukses secara pendapatan. Tapi juga mendapat 9 nominasi Oscar, dan memenangkan tiga, yaitu untuk Arahan Artistik Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Efek Visual Terbaik.

James Cameron sedang mempersiapkan lanjutan film ini. Tidak hanya satu, tapi empat film. Kalau Avatar 2 dan 3 sukses, maka akan ada lanjutan film ke-4 dan ke-5.

2. Avengers: Endgame

avengers endgame jadi film paling laris kedua sepanjang masa

Film Avengers: Endgame (2019) berhasil duduk di tempat kedua. Film MCU ini berhasil meraih pendapatan sebanyak $2.531.378.374.

Film ini berhasil melampaui total pendapatan film Avengers: Infinity War sebelumnya hanya dalam waktu 11 hari saja. Avengers: Endgame juga berhasil memecahkan banyak rekor film, menjadi film terlaris 2019, dan film superhero terlaris.

Yang menarik, film ini juga masuk dalam daftar film dengan biaya produksi paling mahal.

3. Titanic

titanic (1997) mantan film paling laris

Titanic (1997) duduk di tempat ketiga setelah tergeser oleh Avengers: Endgame. Film ini meraih pendapatan total $2.187.463.944.

Sebelumnya, film ini juga merupakan film paling laris sepanjang masa sebelum dikalahkan oleh Avatar di tahun 2010. Seperti kita ketahui, film Titanic tidak hanya sukses dari sisi pendapatan. Tapi berhasil mendapat 14 nominasi Oscar, dan memenangkan 11 penghargaan tersebut!

Hal yang tidak kalah menarik adalah film ini juga disutradarai oleh James Cameron, yang juga menyutradarai film Avatar.

4. Star Wars: The Force Awakens

Star Wars Force Awakens jadi film keempat paling laris

Star Wars: Force Awakens (2015) ada di peringkat ke-4. Episode ke-7 dari saga perang bintang ini berhasil meraup pendapatan sejumlah $2.068.223.624.

Jumlah itu bisa diraih kemungkinan besar karena banyak fans Star Wars penasaran dengan lanjutan saga tersebut. Film ini berhasil menjadi film terlaris dari seluruh jajaran film Star Wars dan juga menjadi film terlaris tahun 2015. Star Wars: Force Awakens juga mendapat nominasi Oscar dan memenangkan penghargaan Efek Visual Terbaik.

5. Avengers: Infinity War

Film Marvel Infinity War

Film Avengers: Infinity Wars (2018) harus puas duduk di peringkat 5. Salah satu film pamungkas MCU ini berhasil meraih pendapatan sebesar $2.048.359.754.

Tentu saja, film ini juga sempat memecahkan beberapa rekor film (sebelum direbut lanjutannya). Avengers: Infinity Wars juga menjadi film paling laku di tahun 2018. Sementara itu, film ini ‘hanya’- berhasil mendapat nominasi Oscar.

Bersama Endgame, film ini juga termasuk sebagai film dengan biaya produksi termahal.

6. Jurassic World

Jurassic World (2015) ada di posisi ke-6. Film tentang taman hiburan dinosaurus ini mendapat pemasukan total $1.671.713.208. Walau tidak masuk genk 2 milyar Dollar, tetap saja jumlah yang besar.

Film ini berhasil memecahkan rekor pendapatan yang tembus $500 juta dalam minggu pertama. Jurassic World juga menjadi fim kedua dengan pendapatan terbesar di tahun 2015.

7. The Avengers

The Avengers (2012) duduk di posisi ke-7. Film yang pertama kali menampilkan rombongan superhero Marvel ini berhasil meraup $1.518.812.988.

Film ini cukup sukses menyamai beberapa rekor film yang ada, seperti pendapatan untuk minggu pemutaran pertama. The Avengers juga menjadi film dengan pendapatan terbesar tahun 2012, dan menjadi film pertama Marvel yang mencapai pendapatan di atas $1 milyar.

8. Furious 7

gambar film furious 7

Furious 7 (2015) ada di posisi 8 dalam daftar film terlaris. Film bertema mobil paling terkenal ini berhasil mendapat penghasilan sebanyak $1.516.045.911.

Film ini juga berhasil duduk di tempat ke-6 untuk film dengan pendapatan terbanyak untuk pekan pertama pemutarannya. Furious 7 juga berada di posisi 3 untuk film dengan penghasilan terbanyak di tahun 2015.

9. Avengers: Age of Ultron

Film Avengers: Age of Ultron (2015) duduk di tempat ke-9 di daftar ini. Film kedua Avengers ini berhasil meraih penghasilan total $1.405.403.694.

Walau prestasi lainnya tidak seindah film-film MCU di atas, Age of Ultron mampu merebut posisi ke-4 sebagai film terlaris di tahun 2015. Di sisi lain, film ini juga masuk dalam daftar film dengan biaya produksi terbesar sepanjang masa.

10. Black Panther

film black panther

Agak sedikit di luar dugaan sebelumnya, Black Panther sukses duduk di posisi ke-10. Film superhero Marvel yang sebelumnya kurang dikenal ini berhasil meraih pendapatan sebesar $1.346.913.161.

Film ini juga mendapat 7 nominasi Oscar dan memenangkan penghargaan untuk Desain Kostum Terbaik, Musik Asli Terbaik, dan Desain Produksi Terbaik. Ini membuat Black Panther menjadi fim pertama MCU yang memenangkan penghargaan.

Daftar Yang Sulit Berubah

Sejauh ini, daftar film paling laris sepanjang masa jarang berubah. Hanya film fenomenal sajalah yang mampu masuk di sana. Dalam waktu tertentu, muncul juga tahun istimewa seperti tahun 2015 yang memberikan begitu banyak film fenomenal dan ditunggu penggemar.

Namun, sekali lagi, sangat jarang peristiwa seperti itu terjadi. Kita lihat saja perkembangan selanjutnya. Kapan saatnya tiba ketika daftar ini mendapat pembaruan.

Sumber: Box Office Mojo

sumber : gadgetax, hpsaja

loading...


To Top
TERHANGAT
close