Otomotif

Menhub Ajak Pemudik Sepeda Motor Manfaatkan Program Mudik Gratis


– Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan kendaraan pada masa mudik Lebaran, pemerintah berencana akan memberlakukan skema satu arah atau one way.

Kebijakan itu rencananya akan diterapkan pada masa arus mudik 30 Mei sampai 2 Juni 2019 maupun pada masa arus balik 8 sampai 10 Juni 2019 di sejumlah ruas tol.

Baca juga: Komunitas Suzuki GSX Tangerang Berbagi Berkah Ramadan, Sambangi Panti Asuhan

Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan, bahwa konsep rekayasa lalu lintas tersebut disiapkan tidak lain tujuannya adalah agar mudik yang dijalani oleh masyarakat bisa berjalan nyaman dan lancar. “Presiden berpesan agar mudik tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya,” Kata Budi.

Selain melakukan skema satu arah untuk kendaraan roda empat, Menhub juga memberikan himbauan bagi para pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

Mudik gratis bagi pemudik sepeda motor (Setkab)

“Mudik dengan sepeda motor itu sangat beresiko, tahun 2018 lalu kecelakan pada saat mudik di dominasi oleh pemotor sebanyak 70%. Saya juga tinjau langsung, mereka-meraka yang menggunakan motor itu capek sekali sehingga resikonya tinggi” ujar Budi.

Lebih lanjut Ia mengatakan, agar masyarakan bisa memanfaatkan momen mudik gratis dengan kapal laut bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

“Untuk itu saya sarankan para pemudik dengan sepeda motor dapat mengikuti mudik gratis dengan kapal laut yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, motor dan para pemudik diangkut dengan kapal laut. Mudik jadi lebih aman dan nyaman” tambah Menhub Budi Karya beberapa waktu lalu.

Hasil survey Angkutan Lebaran Tahun 2019 Badan Litbang Perhubungan menyebutkan, bahwa total jumlah pemudik dari Jabodetabek sebanyak 14,9 juta.

Program mudik gratis Kemenhub

Tiga Provinsi tujuan mudik terbesar yaitu ke Jawa Tengah sebanyak 5,6 juta lebih pemudik atau 37,68 persen dari total pemudik Jabodetabek, Jawa Barat (3,7 juta lebih/24,89 persen), dan Jawa Timur (1,6 juta lebih/11,14 persen).

“Untuk itu, demi keselamatan dihimbau agar para pemudik untuk tidak menggunakan sepeda motor,” ucap Budi. Hal senada juga diutarakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo.

Baca juga: Terjatuh, Pembalap Binaan AHM Gagal Meraih Poin Di Sirkuit Le Mans

Ia mendukung atas arahan Menhub untuk para pemudik dengan sepeda motor agar turut serta dalam mudik gratis dengan kapal laut.

“Kami berterima kasih kepada Menhub, cukup menarik dan masyarakat tentunya senang. Kapalnya bagus, serta mendapatkan makan dan perjalanan menuju keluarga aman dan nyaman” tutur Ganjar.

Bagi yang berniat mengikuti mudik gratis dengan sepeda motor dari kementerian Perhubungan, Anda bisa mendaftar langsung di website resmi mudikgratis.dephub.go.id.

Selain menggunakan kapal laut, Kemenhub juga menyediakan moda transportasi kereta api serta bus dengan berbagai rute yang dapat digunakan oleh pemudik.

sumber : kabaroto

loading...


To Top
TERHANGAT
close