Otomotif

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, Mobil Kepresidenan Jokowi Warisan dari SBY


– Pemilu Presiden 2019 akhirnya selesai, hiruk pikuk yang masih terjadi pun diharapkan segera berakhir. Pasalnya paslon 1 yaitu Joko Widodo – Ma’ruf Amin berhasil memenangkan perolehan suara yang dihitung oleh pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Mengingat Presiden Joko Widodo memenangkan kembali pemilihan kali ini, artinya mobil kepresidenan masih terus digunakan. Sebenarnya mobil yang selama ini digunakan bisa diganti, pasalnya Mercedes-Benz S600 Pullman Guard ini sudah digunakan sejak periode ke-2 Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden 2009 lalu.

Foto: Media Daimler

Baca Juga: Mercedes-Benz Rilis Program National Service Week Jelang Lebaran 2019

Nyatanya Mercedes-Benz S600 Pullman Guard ini memiliki segudang kelebihan, termasuk pada keamanan dan kenyamanan yang diberikan bagi penumpangnya. Dengan lapisan baja pada bagian bodi yang tebal, mobil ini di desain anti peluru loh, kelebihan ini menjadi nilai plus karena yang menggunakan sehari-hari adalah orang nomor 1 di Indonesia.

Mobil dengan pelat RI 1 ini memiliki panjang 6.499 mm, jika dibandingkan dengan S-Class Maybach mobil ini lebih panjang 1.053 mm. Sedangkan lebarnya 1899 mm dan tingginya 1.598 mm. Ukurannya yang lega membuat penumpangnya merasa nyaman dalam kabin mobil ini.

Foto: Media Daimler

Untuk eksteriornya, S600 Pullman Guard memiliki penampilan seperti limousine karena jarak sumbu roda yang panjang, 4.417 mm. Ukuran ini tentu berpengaruh pada bagian kabin, area inilah yang menghasilkan kenyamanan untuk penumpang.

Sedan ini didesain untuk mengangkut empat orang, dua di bagian depan dan dua di kursi belakang selayaknya kursi eksekutif. Desain interior yang seperti itu merupakan versi standar yang diberikan Mercedes-Benz.

Foto: Media Daimler

Namun Mercedes-Benz juga siap menerima permintaan pengguna yang ingin menambahkan kursi eksekutif di bagian depannya. Hanya saja, desain kursi tambahan ini akan tetap dibuat berhadapan dengan kursi eksekutif bawaannya.

Baca Juga: Profil ‘“ Mercedes Benz B200 Progressive Line

Seperti pengaturan kursi keluaran Mercedes-Benz lainnya, kursi di bagian belakang ini sudah dilengkapi dengan pengaturan secara terpisah. Misalnya sandaran yang diatur secara terpisah dengan ketinggian yang diinginkan. Namun ada ukuran maksimum sandaran 43,5 derajat, dengan sandaran paling tegak 19 derajat.

Selayaknya mobil mewah pada umumnya, interior Mercedes-Benz Pullman dilapisi bahan kulit premium. Bahkan tidak hanya kursinya saja yang dilapisi kulit, trim pada bagian pintu dan konsol tengah di bagian tempat duduk pun turut dilapisi bahan kulit tersebut.

Foto: Media Daimler

Baca Juga: Ini Daftar Harga Model Mercedes-AMG

Mobil ini juga yang digunakan oleh Presiden Jokowi selama 5 tahun terakhir, terdapat sekat yang dapat memisahkan bagian pengemudi dan penumpang belakang. Sekat yang terbuat dari kaca ini bisa dibuka atau ditutup seperti jendela. Bisa juga dibuat buram atau transparan dengan tombol yang disediakan.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dengan berat 5.080 kg ini, dilengkapi dengan mesin biturbo V12 5.980 cc, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 525 dk. Torsi maksimumnya 830 Nm pada torsi 1.900 rpm.

sumber : kabaroto

loading...


To Top
TERHANGAT
close