Berita

Toyota Alphard Buktikan Standar Keamanan Bintang 5


Di Indonesia, Toyota Alphard telah menjadi salah satu mobil yang lekat dengan kaum berkantong tebal. Bahkan, ada anggapan bahwa biasanya orang ‘kaya’ memiliki satu unit Toyota Alphard di rumahnya, yang menjadikan mobil ini mendapat julukan mobil wajib orang kaya. Dan hal ini wajar karena kenyamanan dan kelegaan yang ditawarkan oleh mobil ini. Namun, bagaimana dengan tingkat keamanan mobil ini?

Logikanya, mobil yang dibanderol dengan harga tinggi dan akrab dengan kalangan berduit, tentunya memiliki tingkat keamanan yang juga setara dengan harga yang dibayarkan. Dan pihak Toyota pun membuktikannya dengan capaian JNCAP alias Japan NCAP dari Toyota Alphard versi terbaru dengan raihan bintang 5. Bahkan, Toyota Alphard bukan hanya sekedar memenuhi standar bintang 5 saja, namun capaian angka untuk pedestrian protection (Proteksi terhadap pejalan kaki) dan juga preventive safety (Fitur Keamanan untuk mencegah kecelakaan) yang dicapai mobil ini tergolong tinggi.

Jadi, secara umum, skor yang dihasilkan oleh Toyota Alphard maupun si kembaran, Toyota Vellfire ada di angka 90,82 poin. Angka tersebut disumbang oleh proteksi yang baik pada bagian kepala, leher, pundah, dan kaki dari tiap pengguna mobil ini. Selain itu, JNCAP juga memberikan angka yang bagus dalam hal rescuability alias kemampuan mobil untuk memberikan ruang sehingga orang yang terjebak di dalam mobil bisa segera ditolong. Capaian ini bisa didapat karena pintu – pintu mobil ini masih bisa dibuka dengan mudah pasca crash. Seperti yang kami singgung di awal, angka pedestrian protection-nya terbilang tinggi untuk sebuah van, yaitu di angka 73,99 poin.

Sedangkan angka prevention safety bisa menonjol berkat penggunaan Toyota Safety Sense (TSS) di unit yang dijual di Jepang. Sebagai pembanding, Nissan Elgrand 2011 (Karena model tersebut masih dijual sampai sekarang) meraih total 90,42 poin, kalah tipis dibandingkan dengan Toyota Alphard. Namun, pedestrian protection dari jagoan Nissan ini menang telak dengan angka 82,7 poin. Di tahun 2015 silam, Toyota Alphard juga sudah melakukan pengujian yang sama, dan kala itu secara overall mobil ini hanya meraih angka 88,77 poin, sehingga ada peningkatan yang positif di versi terbaru dari MPV mewah ini.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Sumber : JNCAP

sumber : autonetmagz

loading...


To Top
TERHANGAT
close