Teknologi

Apa yang Ditawarkan Opera GX Sebagai Gaming Browser?


Dunia game adalah sisi dunia teknologi yang selalu spesial. Dunia ini selalu punya sesuatu tersendiri. Mungkin itu juga yang menjadi pemikiran Opera yang merilis Opera GX, sebuah gaming browser.

Gaming laptop atau gaming phone biasanya identik dengan perangkat dengan performa tinggi. Mereka juga biasanya punya desain penampilan khusus. Tapi apa yang bisa ditawarkan oleh sebuah browser?

Harap diingat, saat ini konsep game sudah berkembang melebihi batasan. Game sekarang mengarah pada cross platform, online, multi-player, dll. Platform baru streaming game seperti Google Stadia pun sudah muncul.

Apakah Opera juga akan bermain di platform game dengan gaming browser Opera GX ini?

Opera GX merupakan sebuah browser yang dirancang untuk memenuhi minat gamer. Di dalam browser ini terdapat beberapa fitur yang disebut bisa membantu para pecinta game.

GX Corner

GX Corner

Opera meletakkan penawaran game di bagian Home browser. Kamu bisa melihat game baru dan yang menarik langsung saat membuka browser. Kamu juga bisa melihatnya berdasar platform. Selain itu, ada bagian khusus untuk game di berita harian.

GX Control

GX Control

Pemakaian RAM dan CPU di browser seringkali tinggi. Dengan fitur GX Control, Opera menawarkan pembatasan penggunaan RAM dan CPU di browser. Sehingga alokasinya bisa untuk yang lain. Tentu saja dalam hal ini untuk game.

Mungkin hal ini bisa berguna ketika kamu bermain game sambil melakukan multi-tasking. Sambil melihat tutorial, walkthrough, atau sambil ngobrol di Discord. Kelihatannya kalau menggunakan monitor ganda akan lebih nyaman.

Web App di Sidebar

Web App di sidebar Opera GX

Seperti browser Opera saat ini, kita juga bisa memasang web app di sidebar sebagai shortcut. Sebagai sebuah gaming browser, Opera GX meletakkan Twitch secara bawaan. Tapi kamu bisa memasang lainnya. Mau Discord, WhatsApp, dll juga bisa.

Bukan Platform Game

Dari fitur di atas, bisa kamu lihat kalau Opera GX belumlah menjadi platform game tersendiri. Di samping fitur GX Control, sebenarnya browser ini sama seperti browser Opera biasa.

Tapi toh fitur lainnya pun cukup menarik. Misalnya ada VPN bawaan, panel pop-out (jendela video YouTube atau Twitch hadir di atas tab atau aplikasi lain), pengaturan tampilan, dll.

Saat ini Opera GX masih dalam tahap early access. Jadi mungkin masih ada beberapa fitur lain yang sedang dikembangkan. Salah satunya tampilan pop-out video tetap hadir di atas game.

Kalau kamu mau mencoba gaming browser ini, Opera GX sudah bisa diunduh oleh pengguna Windows. Belum tersedia untuk macOS. Kalau berminat, silakan kunjungi situs resminya.

Coba Opera GX

sumber : gadgetax, hpsaja

loading...


To Top
TERHANGAT
close