Berita

Cara Hemat Baterai Android Begini, Malah Bikin Lebih Boros


Banyak pengguna Android mengira jika membersihkan recent App atau menghapus aplikasi yang berjalan secara latar belakang, akan membantu mengurangi beban baterai ponsel. Apakah dengan efektif cara menghemat baterai Android seperti itu?

Recent apps adalah beberapa aplikasi yang bisa diakses melalui tombol menu di Android. Sehingga aplikasi tersebut dianggap juga bekerja walaupun dalam kondisi berhenti.

Sebenarnya aplikasi yang berada di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan tersimpan di dalam memori yang sebut cache. Tujuannya adalah saat aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya dan bisa memuat lebih cepat disaat aplikasi dibuka kembali.

Artinya jika menghapus recent apps di HP Android, akan membuat baterai ponsel lebih banyak terkuras untuk memuat ulang dan tentu berdampak pemborosan baterai HP Android.

BACA JUGA:

Cara Menghemat Baterai Android

Kenapa cara menghemat baterai Android ini tidak dianjurkan? Baterai cepat habis karena sistem akan membuka aplikasi mulai dari nol dan membutuhkan banyak daya ketimbang membuka aplikasi ulang yang sudah pernah tersimpan cache sebelumnya.

Nah jika memang kamu ingin menghemat baterai Android, sebaiknya tidak menggunakan cara menghemat baterai Android dengan menghapus recent apps diatas.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu membatasi notifikasi dan membatasi penggunaan data. Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Cnet, kedua cara tersebut terbilang lebih efektif untuk mengurangi pemakaian daya baterai.

Nah untuk membatasi notifikasi di HP android, kamu bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang kamu anggap itu sering muncul notifikasinya. Aplikasi yang sering muncul notifikasinya seperti media sosial.

Sementara membatasi penggunaan data, kamu bisa membuka panel yang ada tabel konsumsi data di ponsel Android. Pada panel tersebut pengguna bisa melihat aplikasi yang sangat banyak memakan data.

Lalu pilih aplikasi tersebut lalu batasi atau hapus izin pemakaian data di background. Cara ini tentu kamu bisa membatasi koneksi internet secara otomatis. Baterai pun akan lebih hemat.

Selain menerapkan kedua cara di atas, kamu juga bisa mengandalkan sebuah powerbank, supaya ponsel Android bisa dipakai dalam waktu lebih lama.

Itulah cara menghemat baterai Android yang lebih efektif ketimbang dengan menghapus aplikasi yang bekerja di latar belakang.

Jika kamu punya cara lain untuk menghemat baterai HP Android, yuk bagikan melalui kolom komentar di bawah ini ya gengs!

sumber : dafunda

loading...


To Top
TERHANGAT
close