Politik

JARI 98: Jokowi Harus Diselamatkan dari Pembisik ‘Musang Tua‘


JAKARTA, PortalCirebon.Com – Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia 98 (JARI 98) menyoroti 9 nama Perwira Tinggi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) yang diusulkan Mabes Polri.

‘Bukan rahasia lagi, diantara nama-nama itu ada yang pernah berurusan dengan KPK, masak iya sekarang diusulkan jadi pimpinannya,’- kaat Sekjen JARI 98, Ferry Supriadi, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, Mabes Polri harus lebih selektif dalam mengusulkan nama, sebab masih banyak Perwira Tinggi yang memiliki kredibilitas, kapabilitas, humanis dan piawai dalam persoalan pemberantasan Korupsi. 

Lantas, siapa yang paling pantas dan cocok untuk dicalonkan sebagai pimpinan KPK? ‘Mabes tentunya punya data, bisa melihat sepak terjang dan track record para Perwira Tinggi, mana yang pernah berurusan dengan hukum, mana yang tidak,’- jawabnya berdiplomasi.

Saat didesak untuk menyebut nama, ia pun menyebut Irjen Pol Purn Anas Yusuf dan Irjen Pol Ike Edwin sangat pantas dan layak untuk masuk daftar nama Capim KPK. ‘Track record keduanya bagus dalam pemberantasan korupsi, Mabes dan publik bisa cek,’- ungkapnya.

Lebih lanjut, Ferry menegaskan bahwa pimpinan KPK harus diisi oleh sosok yang memiliki rekam jejak yang baik dan berkualitas. 

“Makanya tadi saya sampaikan, kok orang-orang baik dan jelas kualitasnya malah dikebiri? Khususnya Irjen Pol Purn Anas Yusuf, beliau ini pernah loh dijanjikan jadi Wamen PU, tapi sampai saat ini tidak pernah diembannya hingga pensiun,” jelas Ferry. 

Ditambahkan Ferry, jika pimpinan KPK diisi oleh orang-orang yang tidak berkualitas, maka akan berdampak pada  roda pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lima tahun kedepan. 

Dimana ia menyebut pemerintahan tidak bisa berjalan efektif dan akan digerogoti 

ole pembisik ‘˜musang tua.’

Untuk itu, ia mengingatkan agar Jokowi harus diselamatkan dari manuver para ‘musang tua’ itu. “Kan sayang jika orang-orang berkualitas malah disingkirkan hanya karena bisikan ‘˜Musang Tua,’- pungkas Ferry.

sumber : netralnews

loading...


Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
TERHANGAT
close