Berita

Disdukcapil Kota Cirebon Luncurkan Klakon Gawe Bungah


Citrust – Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan program kependudukan Klakon Gawe Bungah, Kamis (11/7/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi, mengutarakan, program Klamon Gawe Bungah bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Ia juga mengapresiasi Disdukcapil yang menggunakan nama khas Cirebon dalam program tersebut.

“Saya berharap, berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga Kota Cirebon bisa terus dilakukan dinas-dinas lain,” ujar Asep Dedi.

Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Anan Suyitno, menjelaskan, program Klakon Gawe Bungah dibagi menjadi tiga pelayanan, yakni Klakon Dadi Siji, Klakon Ngalih dan Klakon Teka.

Klakon Dadi Siji merupakan pelayanan kartu keluarga yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat paket kelahiran, paket perkawinan, paket perceraian dan paket kematian.

Untuk paket kelahiran, warga bisa membuat akte kelahiran anaknya, sekaligus dengan kartu keluarga dan kartu identitas anak. Sedangkan untuk paket perkawinan, warga bisa dilayani berupa pembuatan akte perkawinan, kartu keluarga dan KTP elektronik sekaligus.

Untuk paket perceraian, warga bisa dilayani akte perceraian, kartu keluarga dan KTP elektronik. Sedangkan untuk paket kematian, warga bisa dilayani pembuatan akte kematian, kartu keluarga dan KTP elektronik sekaligus.

‘Jadi warga cukup mengurus sekali, namun bisa mendapatkan paket kependudukan yang diinginkan,’- ungkap Anan.

Untuk Klakon Ngalih, lanjut Anan, warga bisa dilayani berupa surat keterangan pindah warga negara Indonesia (SKPWNI) dan kartu keluarga sedangkan untuk Klakon Teka warga bisa dilayani pembuatan surat keterangan datang warga negara Indonesia (SKDWNI), kartu keluarga, KTP elektronik dan KIA.

‘Inovasi ini untuk membuat warga Kota Cirebon lebih bahagia, karena tidak sulit lagi mengurus dokumen kependudukan,’- ungkap Anan. /haris

sumber : citrust

loading...


To Top
TERHANGAT
close